Masyarakat Seluma Dihimbau Selalu Waspada, Isu Megatrush Jangan Bikin Panik

Jumat 23-08-2024,19:33 WIB
Reporter : Tri Suparman
Editor : Jeffri Ginting

 

AMPAR GADING, Radarseluma.Disway.Id,  - Adanya isu megatrush yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Yang telah mengeluarkan peringatan soal potensi gempa di dua zona megathrust yang dapat memicu tsunami pada pertengahan Agustus 2024 yang lalu.

 

BACA JUGA:PDI - P Umumkan Nama Cakada Yang Diusung Pilkada 2024, Ada Nama Kabupaten Seluma, Siapa Ya? Cek Disini

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Salurkan Bantuan Alsintan Ke 29 Poktan di Seluma

 

Menanggapi adanya isu tersebut, membuat pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada. Terlebih masyarakat yang tinggal di pesisir pantai yang ada di wilayah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

 

"Jangan takut dan jangan panik, tetap selalu waspada. Khususnya untuk masyarakat kita yang tinggal di pesisir pantai," sampai Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Seluma, Hadi Susanto, S Sos. 

 

Tak hanya itu saja, pihak BPBD saat ini juga telah menyiagakan semua peralatan dan armada yang ada. Menyikapi adanya pernyataan BMKG tersebut. Dimana jika memang terjadinya gempa megatrush. Yang memang benar terjadi sesuai prediksi BMKG. Maka pihaknya dapat langsung bergerak, untuk memberikan penanganan.

 

"Untuk semua peralatan, perlengkapan dan juga armada. Semua telah kita persiapkan. Kita akan siap bergerak jika bencana ini nanti benar terjadi," ujarnya.

 

Tak hanya itu saja, sebagai pendeteksi dini. Pihak BPBD Kabupaten Seluma saat ini juga telah memasang alat pendeteksi tsunami. Alat pendeteksi tsunami tersebut terletak di Desa Rawa Indah, Kecamatan Ilir Talo. Dimana alat tersebut nantinya akan bekerja, jika terjadi gempa dengan skala besar yang berpotensi terjadi tsunami.

Kategori :