Kegiatan DAK Rp15 Miliar di Seluma, Belum Dilaksanakan

Rabu 21-08-2024,17:07 WIB
Reporter : Andry Dinata
Editor : Jeffri Ginting

 

PEMATANG AUR, Radarseluma.Disway.id, - Tahun ini Pemerintah Daerah mendapatkan kucuran dana senilai Rp15 miliar untuk membangun Saluran Rumah (SR).

Kepala Dinas PUPR Seluma M Saipullah menyampaikan akan ada 2.000 rumah warga yang akan dipasang SRsecara gratis. Untuk tahap awal rencannya baru akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Sukaraja dan sekitarnya. Pemasangan SR ini guna mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat.

BACA JUGA:Sebuah Permata Tersembunyi dalam Langganan Anda: Inilah Game Netflik Paling Populer di Agustus 2024

BACA JUGA:5 Game Rekomendasi Dengan Tema Kabur Penjara Terbaik

 

 

"Untuk SPAM Regional Kobema sudah mulai kontrak. Rencananya baru di wilayah Sukaraja. Rumah masyarakat nanti akan dipasang pipa gratis untuk dialiri air bersih dari Bengkulu Tengah," kata Saipullah, kemarin.

Ya, pemasangan pipa saluran rumah ini merupakan program SPAM Regional Benteng Kota Bengkulu dan Seluma (Kobema).

 

Dijelaskan Saipullah tahun depan ada anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dikelola Dinas PUPR Seluma senilai Rp15 miliar.

"Ya untuk sumber anggaran dari DAK Fisik Rp15 miliar. Selain itu juga nanti ada dana pendampingan yang juga dianggarkan oleh pemerintah daerah. Estimasinya Rp5 miliar," jelasnya.

 

Meski dipasang SR secara gratis dalam penggunaannya masyarakat tetap akan dibebankan biaya iuran perbulannya. Yang nantinya teknisnya akan dilaksanakan oleh PDAM Tirta Berkah Seluma. "Untuk teknis iurannya itu tugas PDAM. Kan saat ini sudah ada Dirut PDAM yang baru saja dilantik. Kita hanya sampai dengan pembangun SR," tutupnya.

 

Kategori :