Renovasi Puskesmas Tais Seluma, Eks Sekretariat KONI Dirobohkan

Sabtu 03-08-2024,07:32 WIB
Reporter : Andry Dinata
Editor : Jeffri Ginting

 

PASAR TAIS, Radarseluma.Disway.Id - Kantor Koperasi Unit Desa (KUD) sekaligus eks sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Seluma dibongkar habis.

 Hal ini dikarenakan lahan tempat bangunan ini berdiri merupakan aset pemerintah daerah dan rencananya mau digunakan untuk rehab Puskesmas Tais menjadi dua lantai. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawaludin menyampaikan bahwa KUD sudah menyerahkan sepenuhnya bangunan itu kepada Puskesmas Tais.

 

BACA JUGA: Dinsos BS Koordinasi ke Provinsi, Program Pengentasan Kemiskinan

BACA JUGA:Hong Kong Jalin Peluang Bisnis dengan Vietnam

"Untuk bangunannya punya KUD. Lahannya aset Pemda. Kemarin sudah dirapatkan termasuk dari kejaksaan juga diundang. Sehingga yang membongkarnya adalah KUD dan pihak ketiga pelaksana. Pada hari itu juga kita meminjamkan bangunan kita di depan alun-alun ke Koni Seluma," kata Rudi saat ditemui Radar Seluma, kemarin (2/8). 

 

Rudi mengungkapkan ada tiga Puskesmas yang akan direnovasi dibangun dua lantai. Yaitu Puskesmas Kota Tais, Puskesmas Penago, dan juga Puskesmas Cahaya Negeri. Masing-masing dengan anggaran Rp2,6 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan. Kemudian Puskesmas Masmambang tahun ini juga akan dibangun baru atau relokasi.  

 

"Ya ada tiga yang direnovasi. Dibangun dua lantai. Kini sedang proses," sambungnya.

Seperti yang dikabarkan sebelumnya Puskesmas Tais akan dibangun dua lantai dengan gedung dilebarkan dan tidak memanjang ke belakang. Tujuannya agar enak dilihat. Namun yang menjadi kendala apabila dibangun melebar maka bangunan bekas KUD yang kini ditempati sebagai sekretariat Koni terpaksa harus dibebaskan. "Pembangunan nanti tidak akan menghambat pelayanan terhadap masyarakat. Kita akan mulai bertahap pembangunannya," jelasnya. 

BACA JUGA:Penampakan Tempat Meninggalnya Pemimpin Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh

BACA JUGA:Inilah 3 Jenis Game Terbukti yang Akan Membayar Anda! Yok Segera Coba!

Meski dibangun dua lantai, Puskesmas Tais tidak akan menjadi Puskesmas Perawatan karena ada aturannya Puskesmas perawatan bisa dibangun dengan jarak tertentu dari rumah sakit."Tahapnya sekarang sedang pengajuan," sambungnya.

Kategori :