Kisah Danau Kuranding Bengkulu Selatan, Dijaga Naga

Jumat 02-08-2024,17:21 WIB
Reporter : Muktar Ilyas
Editor : Jeffri Ginting

 

BENGKULU SELATAN, Radarseluma.Disway.Id,  - Tidak dimungkiri, bahwa banyak terdapat danau di Indonesia. Bahkan terbentuknya danau, secara ilmiah, berkat aktivitas geologis yang sangat aktif. Namun di sisi lain, manusia punya rasa ingin tahu tentang asal-usul suatu bentang alam.

BACA JUGA:Fakta Terbaru Penemuan Kerangka Ibu dan Anak Di Bandung Barat

BACA JUGA:Turunkan Angka Stunting, Kodim 0425 Seluma Gelar Program Dapur Sekolah

 

Seperti halnya, masyarakat lokal belum memiliki pengetahuan sehebat sekarang. Oleh karena itu, masyarakat menciptakan legenda tentang danau di dekatnya. Walau terdengar memiliki unsur magis, namu legenda-legenda ini bisa jadi kenangan yang diceritakan oleh leluhurnya. Sepertihalnya danau Kuranding terdapat di kecamatan Seginim Air Nipis. 

 

Fajrul warga SMK 1 Bengkulu Selatan menuturkan, bahwa dahulu hingga sekarang danau Kuranding berada di kecamatan Seginim Air Nipis merupakan sumber kehidupan masyarakat di dua Kecamatan di Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, yakni Kecamatan Air Nipis dan Kecamatan Seginim.

 

Sebelum terbentuk menjadi Kecamatan Air Nipis, konon katanya namanya adalah Marga Dusun Tinggi, sementara Kecamatan Seginim adalah Marga Seginim,"Sebut Fajrul menirukan suara pelaku  sejarah warga Seginim Datuk Budin.

 

BACA JUGA:Jenis Mobil Honda 2 Pilihan Manual dan Matic CVT Brio Satya S MT Brio Satya E MT, Brio Satya RS CVT Brio Satya

BACA JUGA: Bupati Bengkulu Selatan Minta Para Pendidik, Bisa Memotivasi

Ia menambahkan bahwa Danau Kuranding berada di berbatasan dengan hutan lindung Bukit Riki dan terdapat beberapa kebun warga, tepatnya berada di Desa Tanjung Beringin. Yang mana danau Kuranding diperkirakan luas sekitar 18 hektar, sudah termasuk daratan. Sementara luas perairan sekitar 10 hektar. Danau ini dapat mengairi kurang lebih 3 ribu hektar sawah di dua kecamatan, yakni kecamatan Air Nipis dan kecamatan Seginim.

 

Kategori :