Prosesi Pemakamam Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Digelar Iran

Kamis 01-08-2024,16:12 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

IRAN, Radarseluma.Disway.Id, -    Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei disebut akan memimpin doa untuk Haniyeh menjelang pemakamannya di Doha, Qatar.

Prosesi pemakamam ini digelar Iran  untuk pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh yang tewas dalam sebuah serangan di Teheran, ibu kota Iran. 

BACA JUGA:Dana Kelurahan Di Seluma Mulai Cair

BACA JUGA:Musim Panas ,Salah Satu Penyebab Naiknya Harga Cabe

 

Walau Pemerintah Iran dan kelompok Hamas menuduh Israel mendalangi serangan itu. Hingga kini, tidak ada  konfirmasi ataupun bantahan resmi yang disampaikan pemerintah Israel.

 

 

Sementara itu,  di pusat kota ibu kota Iran, kerumunan pelayat yang membawa poster Haniyeh dan bendera Palestina berkumpul di Universitas Teheran pada Kamis pagi waktu setempat.

 

 

Kematian Haniyeh diumumkan sehari sebelumnya oleh Garda Revolusi Iran, yang mengatakan bahwa ia dan pengawalnya tewas dalam sebuah serangan terhadap akomodasi mereka di ibu kota Iran pada pukul 02:00 dini hari (2230 GMT) pada hari Rabu (31/7).

 

Serangan itu terjadi hanya beberapa jam setelah Israel menargetkan dan membunuh komandan tinggi Hizbullah, Fuad Shukr dalam sebuah serangan udara di ibu kota Lebanon, Beirut, yang meningkatkan kekhawatiran akan perang regional yang lebih luas.

Kategori :