Berikut Total Dokter Hewan Di Seluma, Masih Minim!

Rabu 24-07-2024,17:06 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

 

 

PEMATANG AUR - Saat ini di Kabupaten Seluma hanya ada satu orang dokter hewan. Dengan minimnya dokter hewan di Kabupaten Seluma hingga saat ini, Dinas Pertanian Kabupaten Seluma mengusulkan penambahan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial , S.Sos bahwa pihaknya telah mengusulkan penambahan dokter hewan di Kabupaten Seluma, memang diakuinya sampai saat ini hanya ada satu dokter hewan, namun walau hanya memiliki satu dokter hewan, tugas tersebut dibantu dengan 13 orang petugas kesehatan hewan yang terbagi di 14 Kecamatan Kabupaten Seluma, Rabu (24/7).

 

 

" Iya hanya satu orang dokter hewan yang kita miliki, namun kita sejak tahun 2020 sudah melakukan pengusulan untuk penambahan dokter hewan. Namun saat ini dokter hewan yang kita miliki dibantu dengan petugas lapangan kesehatan hewan, memang idealnya kita harus memiliki minimal 4 dokter hewan" jelasnya.

 

Dilanjutkannya bahwa dengan SDM yang ada saat ini, Dinas Pertanian Kabupaten Seluma masih melakukan kinerja secara optimal, seperti penanganan penyebaran penyakit menular pada sapi Jenis Bali. Petugasnya intens melakukan pemeriksaan dan turun ke peternak untuk cek langsung kondisi kesehatan ternak.

BACA JUGA: Muncul Poros Baru di Pilkada Seluma, Koalisi PAN dan PDIP Usung Nofi dan Billy?

BACA JUGA: Cuaca Panas, Sebisa Mungkin Berteduh Saat Terik dan Minum Air Banyak

" Harapannya agar ada penambahan lagi untuk dokter hewan, kita di Seluma ada dua kantor Puskeswan , minimal untuk kantor puskeswan memiliki dokter hewan yang standby untuk melayani masyarakat" lanjutnya. 

 

Namun tidak dipungkiri, minimnya dokter hewan di Seluma membuat kesulitan bagi petugas karena diketahui Kabupaten Seluma memiliki luas wilayah yang cukup luas.

 

Selain itu diketahui juga, Kabupaten Seluma juga merupakan daerah di Provinsi Bengkulu yang memiliki hewan ternak tersebar, baik itu unggas ataupun hewan berkaki empat. (ndo)

Kategori :