Dinilai Berdedikasi Berdayakan Masyarakat, Bank Mandiri Raih Dua Gelar DKJ Awards 2024

Rabu 17-07-2024,12:33 WIB
Reporter : radarseluma
Editor : radarseluma

 

Rumah BUMN Jakarta Selatan Bank Mandiri sejauh ini telah mengadakan berbagai program agar UMKM bisa naik kelas. Program ini mengadakan berbagai kegiatan antara lain seperti literasi keuangan, sertifikasi halal bagi kategori kuliner, peningkatan skala bisnis, hingga membantu ekspor.

 

Urban Festival merupakan program pembinaan dan kompetisi UMKM dengan mengadakan penilaian, kurasi, pelatihan, pendampingan. Termasuk juga site visit untuk kategori fesyen, kerajinan tangan, dan kuliner. Tercatat hingga Desember 2022, terdapat 572 UMKM dari berbagai kategori yang mengikuti program Rumah BUMN. 

 

BACA JUGA:Galeri Paripurna Nota Pengantar Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023

BACA JUGA:Update Harga Toyota Fortuner Sport Gagah Populer dan Terlaris di Indonesia, Australia, Thailand, dan Filipina!

Setahun berselang, UMKM yang terdaftar meningkat menjadi 910. Peningkatan partisipasi juga terjadi pada Mei 2024 yang mencapai 1.073 UMKM. Adapun program Urban Livin’ adalah sebuah gerakan yang mengajak masyarakat perkotaan untuk hidup lebih baik, ramah lingkungan, dan peduli terhadap sesama. 

 

Sasaran program ini mencakup penduduk di kawasan sub-urban melalui pendekatan pilah Sustainable Development Goals (SDGs) ekonomi, lingkungan, pendidikan, dan ekonomi. Sebagai informasi, Urban Livin’ memiliki dua program utama, yaitu Mandiri Pilah Sampah dan Mandiri Sekolah Kejar Paket. 

 

Lewat program Mandiri Pilah Sampah, Bank Mandiri menggandeng komunitas pecinta lingkungan dan masyarakat untuk mengelola sampah organik dan menghasilkan eco enzyme yang dapat dimanfaatkan sebagai fertilizer tanaman. Dalam program ini, Bank Mandiri turut memberikan infrastruktur pendukung seperti buku tabungan, renovasi kantor sekretariat, alat timbangan, kendaraan pengangkut serta alat biodigester. 

 

Serta, adanya integrasi kegiatan dengan program mandiri sekolah kejar paket, dimana penerima manfaat dari mandiri sekolah kejar paket wajib menyetorkan sampah ke bank sampah yang dikelola di bawah program mandiri pilah sampah. Khusus di Jakarta, Program Mandiri Pilah Sampah dilaksanakan di 10 Bank Sampah yang tersebar di wilayah Kelurahan Mampang Prapatan dan Kelurahan Kebon Baru. 

 

Terdapat dua contoh kisah sukses, yaitu Bank Sampah Mekar Sari di Rukun Warga (RW) 05 dan Mekar Wangi di RW 04 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Hasilnya, Bank Sampah Mekar Sari mampu merangkul 320 nasabah, dan hasil penimbangan sampah mencapai sebesar 2.600 kilogram per bulan serta mendongkrak nilai tambah sekitar Rp 5,3 juta per bulan. 

Kategori :