KPU Seluma Simulasikan Pemungutan Suara

Selasa 26-12-2023,07:41 WIB
Reporter : Andry Dinata
Editor : Yudha

PASAR TAIS - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma menggelar simulasi pemungutan suara dan penghitungan dengan penggunaan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap). Simulasi, dilaksanakan di halaman sekretariat KPU Seluma pada Sabtu (23/12). Selain turut serta melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada kegiatan ini KPU juga melibatkan masyarakat.

 

Selain dihadiri oleh lima orang komisioner KPU Seluma, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bawaslu, Asisten 2 perwakilan pemerintah daerah, perwakilan kepolisian, dan lainnya. Layaknya pemungutan suara pada umumnya saat simulasi ini KPU juga sudah membuat sedemikian rupa Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan atribut-atribut lainnya. Pada kesempatan ini juga digelar simulasi penghitungan suara dan pemanfaatan sistem informasi rekapitulasi atau Sirekap.

BACA JUGA:Rolls-Royce New Ghost Hadir di Pasar Otomotif Indonesia, Apa Saja? Keistimewaanya dan Keunggulannya Simak!

BACA JUGA:All New Bugatti Chiron Pur Sport Mahal Material Berkualitas Tinggi Model Terbaru Memukau Fitur Sistem Otomatis

 

Ketua KPU Seluma Henri Arianda, SP saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pemungutan suara perlu dilakukan simulasi sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada saat hari pemungutan suara. "Alhamdulillah kita sudah melaksanakan simulasi pemungutan suara, termasuk juga dengan penggunaan aplikasi Sirekap," jelasnya.

 

Kemudian terakhir hasil penghitungan suara di setiap TPS, dimasukkan dan diinput ke dalam Sirekap oleh petugas KPSS, sehingga data ini masuk ke dalam pendataan secara online.(adt)

 

Kategori :