SMP di Seluma Mulai Terapkan e-Rapor

Jumat 15-12-2023,09:00 WIB
Reporter : radarseluma
Editor : radarseluma

 

PEMATANG AUR - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdikbud) Kabupaten Seluma mengungkapkan sistem e-Rapor telah digunakan  sekolah menengah pertama (SMP).

 

Kepala Disdikbud Seluma Farzian, S.Pd melalui Kasi Kurikulum SMP Marwan Rozali, menuturkan penggunaan e-Rapor untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses administrasi pembelajaran, khususnya pelaporan hasil akhir proses pembelajaran para siswa.

BACA JUGA:Tahun Depan Bupati Seluma Pastikan Kelurahan Terima Rp200 Juta

 

Penggunaan e-Rapor dapat memudahkan banyak pihak, seperti memberikan kemudahan pendataan bagi guru, memberikan kemudahan orang tua untuk mengakses, serta mengetahui hasil pembelajaran anak-anaknya.  "Saat ini kegiatan di sekolah guru sedang input nilai ke e-Raport. Sedangkan untuk murid sedang remedial. Secara keseluruhan belum menggunakan e-Raport namun sebagian sekolah sudah mulai menggunakan e-Rapor," jelasnya, kemarin (14/12).

 

Intinya, e-Rapor ini merupakan sistem baru yang memudahkan semua pihak, baik satuan pendidikan, guru, maupun orang tua. Semisal, lewat e-Rapor, satuan pendidikan bisa mengarsip data lebih efisien, guru-guru yang tidak terbebani dengan tugas administrasi, maupun bagi orang tua yang bisa mengakses secara langsung hasil perkembangan proses pembelajaran anak-anaknya. 

BACA JUGA:Bugatti Chiron Mobil Super Sport Eksklusivitas dan Keunggulan Prancis di Harga Rp 134 Miliar per Unit

 

 

e-Rapor dilengkapi fitur-fitur yang membuatnya lebih unggul dari rapor konvensional pada umumnya. Penggunaan e-Rapor dilengkapi dengan fitur sistem yang terintegrasi di antaranya penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester/tahun.

 

Fitur penilaian deskriptif serta fitur aksesibilitas bagi orang tua/wali yang semuanya mampu meringankan beban administrasi bagi guru-guru dan satuan sekolah di Kabupaten Seluma.(adt)

Kategori :