5.000 Rumah di Seluma jadi Target Listrik Gratis

Senin 11-12-2023,09:00 WIB
Reporter : radarseluma
Editor : radarseluma

 

 

PEMATANG AUR - Bupati Seluma Erwin Octavian, SE mengungkapkan tahun 2024 nanti akan ada bantuan pemasangan listrik gratis di rumah warga. Hal ini menurut bupati adalah upaya pemerintah daerah untuk turut hadir membantu masyarakat yang kurang mampu. 

"Data yang disampaikan ke kita di Kabupaten Seluma ini ada sekitar 50.000 rumah keseluruhan. Dan dari jumlah tersebut ada 10 persen yang belum memiliki listrik sekitar 5.000 rumah lagi. Tahun ini kita akan upayakan 500 rumah dipasang listrik gratis yang ditanggung oleh pemerintah daerah," kata Bupati Seluma, kemarin (10/12).

BACA JUGA:KPU Seluma Terima 161.203 Lembar Surat Suara Pilpres

 

Tidak hanya sampai di situ, pemasangan listrik gratis di rumah warga yang kurang mampu ini akan terus diupayakan oleh bupati. Sehingga tidak ada lagi rumah warga Kabupaten Seluma yang tidak memiliki listrik. "Banyak yang tidak memasang listrik secara mandiri. Terkadang mereka estafet dari rumah ke rumah. Kalau tidak salah itu biayanya Rp1,2 juta untuk pemasangan listrik. Inilah yang akan kita upayakan bagaimana masyarakat dapat mendapatkan fasilitas listrik yang memadai," tuturnya. 

Selain untuk membantu masyarakat yang kurang mampu pemasangan listrik gratis ini juga akan ada timbal balik atau feedback dalam bentuk Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang ditarik oleh PLN dan dibayarkan ke pemerintah daerah sehingga menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Seluma Erlan Suadi mengungkapkan bahwa benar pada tahun 2024 nanti akan ada program pemasangan listrik gratis.

BACA JUGA:Soal Wamenkuham Tersangka, Yasona Ngaku Tak Ada Hubungan dengan Dirinya

 

 "Jadi dalam hal ini bapak bupati melalui kami Dinas Perkimhub. Ada program baru yang kaitannya bantuannya untuk masyarakat miskin. Yang belum mempunyai jaringan PLN. indeks elektrifikasi di Kabupaten Seluma yang saat ini masih di angka 90 persen. Artinya dari 52.000 unit rumah ada 5.000 yang belum ada listrik," jelasnya. 

Untuk lokasi rumah yang masih banyak belum memasang listrik menurut Erlan tersebar di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Seluma.(adt)

 

Kategori :