Pencegahan Kanker Payudara, Terapkan Pemeriksaan Reguler

Selasa 31-10-2023,21:43 WIB
Reporter : editor5131radarseluma2
Editor : editor5131radarseluma2

Sejak pusat pengobatan kanker pertama dibuka pada tahun 1981, Malaysia telah memperoleh pengakuan internasional atas kualitas layanannya. Baru-baru ini, negara ini dinyatakan sebagai negara kedua dalam hal perawatan dan pemberian pengobatan kanker di Asia Pasifik dan negara ketiga yang paling siap secara keseluruhan oleh Economist Intelligence Unit.

 

“Saat membahas kanker, kami fokus pada tingkat kelangsungan hidup dan kekambuhan dibandingkan tingkat kesembuhan. Penelitian telah menemukan bahwa pasien dengan kanker payudara mempunyai tingkat kelangsungan hidup 5 tahun lebih dari 85% ketika terdeteksi dini dibandingkan dengan tingkat kelangsungan hidup 5 tahun sebesar 19% ketika terdeteksi pada Stadium 4. Penelitian juga menunjukkan bahwa pasien memiliki peluang 10% untuk menderita kanker payudara. kanker payudara kambuh setelah menjalani operasi konservasi payudara atau mastektomi 1 . Di SJMC, kami menganjurkan deteksi dini dan bangga dengan tingkat kelangsungan hidup 5 tahun kami yang luar biasa sebesar 100% untuk pasien kanker payudara Stadium 1. Angka ini merupakan salah satu yang tertinggi di wilayah ini dan terbukti dari kualitas layanan yang kami berikan. Dengan kemajuan teknologi, mammogram 3D meningkatkan peluang mendeteksi kanker payudara sedini mungkin, di tempat yang paling bisa diobati, berpotensi menyelamatkan nyawa dan meningkatkan hasil bagi perempuan di mana pun. Dengan memberikan tampilan tiga dimensi pada jaringan payudara, pemeriksaan ini memungkinkan deteksi dini kelainan, mengurangi hasil positif palsu dan tes lanjutan yang tidak perlu,” Dr. Teh Mei Sze, Konsultan Bedah Payudara (Onkoplastik), Subang Jaya Medical Center (SJMC) .

 

“Tidak semua benjolan payudara bersifat kanker, oleh karena itu jangan khawatir. Namun, penting untuk memeriksakan benjolan tersebut ke dokter sesegera mungkin. USG payudara dan mammogram akan membantu dokter memutuskan tes biopsi untuk mengetahui adanya benjolan yang tampak mencurigakan. Hal ini untuk menegakkan diagnosis sehingga pengobatan dapat dimulai. Menunda pengobatan dikaitkan dengan hasil yang buruk,” kata Dr Normayah Kitan.

 

BACA JUGA:Ado Lo, Ghibah yang Dibolehkan Dalam Islam. Berikut Penjelasannya!

BACA JUGA:Sejarah Mobil Sport Ferrari di Indonesia Harga dan Prestise Mobilitas Mewah

 

Menurut dr Nik Munirah Nik Mahdi, Konsultan Radiologi Rumah Sakit Spesialis KPJ Perdana, mammogram dapat mendeteksi benjolan payudara satu tahun sebelum teraba oleh pasien. Manfaat utama skrining mamografi terletak pada potensinya untuk mengurangi angka kematian akibat kanker payudara. Tingkat pengurangannya bervariasi, dari sekitar 15% hingga 25% dalam uji coba acak hingga perkiraan yang lebih baru sebesar 13% hingga 17% dalam meta-analisis studi observasional. Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan di Pusat Informasi Bioteknologi Nasional menyoroti bahwa skrining kanker payudara secara teratur tampaknya dikaitkan dengan penurunan signifikan jumlah kasus kanker payudara yang parah dan fatal. Pengurangan ini tidak semata-mata disebabkan oleh perbaikan dalam metode pengobatan namun, sampai batas tertentu, merupakan hasil dari proses penyaringan itu sendiri.

 

Sementara itu, Dr. Melissa Tan Ley Hui, Konsultan Bedah Payudara Onkoplastik menekankan pentingnya mammogram 3D dalam mendeteksi kanker. “Mammogram 3D kami yang mutakhir memungkinkan kami menghasilkan gambar yang detail, memungkinkan deteksi kanker kecil yang tersembunyi di dalam jaringan payudara yang padat. Pendekatan canggih ini secara signifikan meningkatkan akurasi jika dibandingkan dengan Mammogram 2D ​​konvensional, sehingga secara efektif mengurangi terjadinya hasil positif palsu.”

 

“Di UM Specialist Center (UMSC), integrasi teknologi canggih kami seperti mamografi 3D (tomosintesis payudara) dan pencitraan payudara MRI, dikombinasikan dengan keahlian ahli radiologi payudara berpengalaman, merevolusi penilaian kesehatan payudara. Tomosintesis payudara telah terbukti memiliki sensitivitas diagnostik sebesar 93% dan spesifisitas 70%. Pada wanita yang bergejala, pemeriksaan ini menunjukkan keunggulan dibandingkan mamografi konvensional (2D). Komitmen kami terhadap diagnosis dan intervensi yang lebih cepat memastikan perawatan tepat waktu, sehingga meningkatkan tingkat keberhasilan pengobatan. Selain itu, rumah sakit kami menawarkan pemeriksaan khusus untuk individu berisiko tinggi, termasuk mereka yang memiliki mutasi genetik seperti mutasi BRCA1 dan BRCA2, serta opsi bedah komprehensif untuk mengurangi risiko. Di UMSC, kami tidak hanya memajukan layanan kesehatan; kami menyelamatkan nyawa melalui inovasi dan kasih sayang,” kata Dr. Suniza Binti Jamaris, Associate Professor dan Konsultan Bedah Payudara, UMSC.

 

Dengan beragam layanan onkologi yang mencakup teknologi pencitraan dan deteksi kanker inovatif, Malaysia Healthcare terus bergerak maju sebagai Pusat Keunggulan Perawatan Kanker. Hal ini semakin diperkuat oleh sistem layanan kesehatan yang sangat baik di negara ini, yang memudahkan para pelancong layanan kesehatan untuk mendapatkan perawatan kanker komprehensif dengan cepat di tempat tujuan yang aman dan tepercaya.

Kategori :