Armada Laut Mpu Nala, Panglima Majapahit Penguasa Lautan!v Buat Gentar Kekaisaran Mongol

Senin 14-08-2023,09:32 WIB
Reporter : radarseluma
Editor : radarseluma

 

 

Radar Seluma.Disway.id - Cerita ini, mungkin banyak yang tidak tahu. Namu ini secara kerajaan Majapahit. Salah satu panglimanya, Mpu Nala merupakan salah satu tokoh terkenal Kerajaan Majapahit. Namanya bahkan ditakuti sampai kerajaan mongolia. 

Dengan tangan dingin dan kepintarannya, dia menjadi Panglima Majapahit atau Rakryan Tumenggung yang bia membangun angkatan perang laut. Sosok Mpu Nala disebut-sebut sejak zaman pemerintahan Raja Tribhuwana Tunggadewi hingga Hayam Wuruk. Yang cukup lama bertahan menjadi panglima perang.

 

BACA JUGA: Warga Manna Bengkulu Selatan Tewas Dibunuh di Kost

 

Mpu Nala berhasil membangun ratusan kapal tangguh dan pasukan gagah berani untuk melaksanakan misi menaklukkan Nusantara sesuai susuai Sumpah Palapa Maha Patih Gajah Mada.

Ketangguhan Mpu Nala memimpin angkatan perang Majapahit tercatat dalam Kakawin Negarakertagama, Prasasti Prapancasarapura, Prasasti Batur, Prasasti Bendosari, Prasasti Palungan dan Prasasti Sekar

Mpu Nala diangkat menjadi Panglima Majapahit oleh Raja Tribhuwana Tunggadewi. 

Sosok yang juga terkenal sebagai Laksamana Nala ini sering berada di Pelabuhan Ujung Galuh (Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya) yang saat itu merupakan pangkalan Angkatan Laut Kerajaan Majapahit.

Keinginannya memperkuat armada perang Majapahit terwujud setelah Mpu Nala berusaha membongkar rahasia konstruksi kapal perang peninggalan tentara Mongol. Kapal-kapal itu dipakai memperkuat Angkatan Laut Majapahit.

Dia menemukan bahwa konstruksi badan kapal laut tentara Mongol yang gemuk menjadi titik kelemahan karena membuat sistem navigasi kapal sulit dikendalikan.

Hingga akhirnya, Mpu Nala akhirnya merancang bentuk kapal yang ideal bagi angkatan laut Majapahit. 

Dia mampu merancang badan kapal yang lebih ramping namun kapasitasnya jauh lebih besar daripada kapal sebelumnya. 

Kategori :