Akuntansi Keuangan – Pengertian dan fungsinya

Kamis 10-08-2023,11:02 WIB
Reporter : radarseluma
Editor : admin5131radarseluma

 

Meta deskripsi: Akuntansi keuangan adalah sebuah laporan yang berisi berbagai keterangan seputar keuangan Perusahaan. Para pengusaha perlu mempelajari dan mengetahuinya.

 

 

Akuntansi keuangan, Radar Seluma.Disway.Id – saat ini akuntansi sendiri memiliki peran penting dalam mengambil suatu keputusan yang memiliki kaitan erat dengan ekonomi atau keuangan. Peran ini akan terlihat sangat nyata apabila diterapkan pada Perusahaan besar maupun kecil.

Akuntansi juga berperan untuk membantu tugas manajemen Perusahaan yang berkaitan dengan keuangan. Maka dari itu tak heran jika para pengusaha banyak yang mempelajari ilmu akuntansi ini.

Disisi lain, mulai tumbuh juga berbagai jurusan akuntansi dari mulai jenjang SMK, vokasi, sampai sarjana. Jurusan tersebut terbilang sangat laris manis di masing masing jenjang. Hal ini membuktikan bahwa karyawan dibidang akuntansi sangat dibutuhkan serta lapangan kerja nya yang cukup luas. Selain bekerja sebagai karyawan di sebuah Perusahaan, para lulusan dari jurusan akuntansi juga dapat bekerja menjadi pekerja lepas akuntan atau freelance accounting.

Pekerjaan tersebut terbilang sangat fleksibel. Namun, anda harus benar benar berusaha untuk terus menaikkan self-branding anda. Nah, jika tertarik dengan pekerjaan satu ini, anda dapat klik disini untuk menemukan berbagai informasi yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

Pengertian A kuntansi Keuangan



--

Akuntansi keuangan memiliki berbagai pengertian dari masing masing para ahli. Namun secara garis besar, akuntansi keuangan adalah laporan keuangan yang digunakan suatu Perusahaan untuk mencatat setiap keuangan yang ada di Perusahaan tersebut. Akuntansi keuangan sendiri merupakan salah satu dari bagian akuntansi yang berkaitan dengan laporan untuk pihak luar seperti pihak pemegang saham, pihak pemasok, dan lain lain.

Akuntansi keuangan biasanya memuat perubahan aset, aguilitas, maupun kewajiban Perusahaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa akuntansi keuangan adalah suatu proses pencatatan sampai pada analisis data keuangan yang beredar di dalam Perusahaan dalam bentuk sebuah laporan keuangan. Hal ini ditujukan untuk kepentingan pihak luar maupun didalam Perusahaan.

Fungsi akuntansi keuangan

Memberikan laporan kepada manajemen


--

 

Fungsi akuntansi keuangan yang pertama adalah untuk memberikan laporan kepada pihak manajemen Perusahaan. Hal tersebut merupakan sebuah tanggung jawab dari tim akuntan yang ada di Perusahaan. Laporan ini sangat penting yang nantinya akan digunakan oleh para atasan untuk mengambil sebuah keputusan bisnis.

 

Selain itu, laporan keuangan juga berperan penting untuk menentukan strategi Perusahaan dikemudian hari serta manajemen berikutnya. Laporan keuangan tentunya disusun secara sistematik dengan format yang sudah ditentukan.

 

Mengetahui untung dan rugi sebuah Perusahaan


--

 

Keuntungan dan kerugian harus diketahui oleh sebuah Perusahaan agar nantinya jika terdapat suatu masalah dapat diselesaikan dengan bijak sesuai dengan kondisi keuangan Perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan yang terstruktur juga membuat pihak Perusahaan semakin berhati hati pula dalam mengambil sebuah keputusan.

 

Perusahaan juga pasti akan mencari jalan menuju keberhasilan bisnis dengan mendapatkan keuntungan yang sebanyak banyaknya. Hal ini dapat dibantu melalui pelaporan pada akuntansi keuangan Perusahaan.

 

Membagi keuntungan kepada beberapa pihak


--

 

 

Beberapa pihak seperti pemegang saham dan investor tentunya akan mendapatkan sebagian profit atau keuntungan dari Perusahaan. Untuk mendapatkan hak tersebut dapat diketahui melalui laporan keuangan.

 

Monitor dan controlling keuangan

 


--

 

Untuk mengontrol dan mengawasi seluruh keuangan yang ada di Perusahaan dan menghindari adanya kecurangan seperti korupsi dapat dilakukan melalui pengecekan laporan keuangan secara berkala.

 

Selain itu, hal ini juga berfungsi untuk mengetahui efek atau dampak setiap strategi yang digunakan di Perusahaan untuk menghasilkan laba.

 

Membuat anggaran dan evaluasi


--

 

 

Untuk membuat anggaran keuangan yang akan digunakan untuk mendanai sebuah keputusan di masa depan membutuhkan suatu laporan keuangan terlebih dahulu agar uang tersebut dapat dipetakan menjadi beberapa kepentingan. Seperti halnya dapat memberikan kemudahan bagi Perusahaan untuk memisahkan uang gaji karyawan dengan keuntungan bersih.

 

Selain itu, laporan akuntansi keuangan juga dapat digunakan untuk mengevaluasi setiap keputusan yang diambil. Seperti apakah strategi marketing yang mereka gunakan berhasil atau tidak. Jika strategi yang diambil ternyata mengakibatkan adanya kerugian, maka hal ini dapat dihindari di masa depan.

Penutup

Akhir kata, itulah pengertian dan manfaat atau fungsi dari laporan akuntansi keuangan bagi Perusahaan. Jika anda salah satu pengusaha, anda wajib untuk mengetahui dasar dasar dari ilmu akuntansi tersebut.

 

 
--

 


--

 

 

Kategori :