Desa dan Puskesmas di Seluma, Harus Kompak Cegah DBD

Kamis 22-06-2023,09:28 WIB
Reporter : radarseluma
Editor : radarseluma

 

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.Id, - Meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di wilayah Kabupaten Seluma, dalam beberapa bulan terakhir ini. Menyebabkan semua pihak khawatir akan penyebaran penyakit tersebut. 

Hal ini dibuktikan dengan kasus DBD di Kabupaten Seluma yang hampir mencapai angka 20 kasus sejak enam bulan terakhir. 

 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, Rudi Syawaludin melalui Kabid P2P, Riduwan mengatakan bahwa, untuk meminimalisir kasus selanjutnya. Ada tiga sektor yang sangat berkaitan dan harus kompak. Yaitu Masyarakat, Perangkat Desa dan Puskesmas. 

 

BACA JUGA:Bayar Parkir Lewat Akun Saldo DANA Untuk Semua Pembayaran

 

Puskesmas sebagai perpanjangan tangan dari Dinkes Kabupaten Seluma sebaiknya gencar melakukan adanya sosialisasi ke masyarakat dan dibantu oleh perangkat desa, masyarakat juga sebaiknya langsung menerapkan pola hidup sehat. Agar nyamuk penyebab DBD tidak berkembangbiak. 

 

"Jadi mulai dari masyarakat juga harus sadar akan kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar. Bisa dengan melakukan gotong royong bersama secara rutin ataupun secara mandiri," sampainya. 

 

Dirinya juga mengatakan, jika nyamuk dapat dicegah perkembangbiakannya dengan cara membersihkan semua genangan air yang terdapat di sekitar rumah. Oleh karena itu biasanya nyamuk akan cepat berkembang di genangan air yang kotor dan sudah lama tidak tersentuh.

 

Kategori :