Abu Nawas Mencari Neraka, Membuat Hhalifah Harun Al-Rasyid Tertawa Simak

Selasa 13-06-2023,14:13 WIB
Reporter : admin5131radarseluma
Editor : admin5131radarseluma

 

Radar Seluma,Disway.Id - Kisah Abu Nawas seorang penyair Arab klasik sangat di kenal kerap disapa dengan Abu Nawas, sebetulnya panggilan tersebut bukanlah nama aslinya.

 

Dari buku Abu Nawas Sufi dan Penyair Ulung yang di susunan Muhammad Ali Fakih, julukan Abu Nuwas di peroleh karena rambutnya yang ikal dan panjang sebahu. Sebenarnya nama lengkapnya Abu Ali al-Hasan bin Hani' al-Hakami.

 

Menurut cerita Abu Nawas lahir di provinsi Ahwaz sekitar Khuzistan, barat daya Persia tahun 757 M. Begitu, banyak perbedaan pendapat terkait tahun lahir Abu Nawas tersebut. 

BACA JUGA:Pola Room FaFaFa Higgs Domino, Dijamin Jackpot 200B

Dalam buku Kisah Lucu Kecerdasan Abu Nawas yang ditulis oleh Sukma Hadi Wiyanto, beranjak dewasa Abu Nawas sang paman bekerja sebagai pembuat minyak wangi dia sering pergi ke masjid belajar berbagai ilmu agama dan lainnya. 

 

Seperti syair, fikih, dan ilmu hadits. Abu Nawas sebagai murid yang pintar dan antusias, mempelajari berbagai ilmu pengetahua pada saat itu. Abu Nawas bertemu dengan Abu Usamah yang merupakan ahli sastra sekaligus pujangga terkenal. 

 

Dengan kemampuan Abu Nawas membuat syair hingga diajarkan berbagai ilmu mengenai syair yang cerdas, banyak kisah menarik Abu Nawas, salah satunya bersikeras mencari neraka. Pada itu Abu Nawas membawa lampu minyak dan menggoyangkannya sembari berhenti pada setiap sudut rumah. 

 

Dengan tingkah Abu Nawas menggegerkan penghuni Baghdad pada waktu itu mereka heran, orang secerdas Abu Nawas berjalan di siang hari, menyorot sambil membawa lampu

 

Kategori :