Tips Memelihara Pelus Seluma. Nilai Ekonomisnya Tinggi

Senin 12-06-2023,17:38 WIB
Reporter : admin5131radarseluma
Editor : admin5131radarseluma

 

Ada beberapa jenis pakan plus, yaitu alami dan buatan. Jenis pakan alami mulai dari plankton hingga cacing sutra. Sedangkan pakan buatan bisa berupa pasta atau pelet. Jenis pakan yang diberikan bisa disesuaikan dengan umur dari sidat itu sendiri.

 

7. Langkah penyebaran beni

 

Ada dua tahap dalam penyebaran benih plus, yaitu tahap pertama untuk glass eel dan petahap kedua untuk elver. Untuk penyebaran benih tahap pertama, dilakukan pada kolam fiber glass dengan bentuk bulat berisi air kapasitas 500 liter.

 

Lebih rincinya, tiap liter air bisa ditebar 20 ekor bibit plus. Waktu pemeliharaan 45-50 hari dan akan dihasilkan 500 ekor/kg. Tahap penggantian air dengan sistem resirkulasi, yaitu 75% setiap hari. Khusus pada tahap pertama, kolam ada baiknya dilengkapi bak filter, aerasi serta cahata ultra violet.

 

Kemudian, pada tahap kedua dilakukan setelah plus mulai berpigmen hingga umur 3 bulan atau tercapai 50 ekor/kg. Proses penggantian air tetap dilakukan dengan system resirkulasi 30% tiap hari.

 

8. Tahap pembesaran

 

Cara budidaya plus selanjutnya, masuk ke tahap pembesaran. Proses pembesaran plus dilakukan pada kolam khusus pembesaran hingga ukuran konsumsi atau bisa kurang lebih 2-3 ekor/kg. Kepadatan tebar pada tahap ini yaitu 5 ekor/M². Langkah penggantian air masih tetap dilakukan sebesar 40% tiap tiga hari. Jenis pakan yang baik untuk tahap ini yaitu pakan pelet dengan kandungan protein sekurang-kurangnya 40%.

 

9. Masa panen

Kategori :