Belum Banyak yang Tahu? 8 Fakta Bendung Seluma!! Nomor 7 Bisa Bikin Kaget!!

Minggu 07-05-2023,14:00 WIB
Reporter : Andry Dinata
Editor : Andry Dinata

 

5. Konstruksi Bangunan yang Kuat

 

Meski belum ada data pasti tentang siapa arsitek yang sudah membangun Bendung Seluma. Namun konstruksi bangunannya dinilai sangat bagus. Bahkan saat gempa besar melanda Bengkulu bangunan Bendung Seluma masih tetap berdiri kokoh.
Kemudian sampai dengan tahun 2023 belum ada konstruksi yang harus diperbaiki. Perbaikan hanya ringan. Penggantian pintu air hingga pengerukan rutin karena sidementasi.

 

6.Terdapat Makam yang Dikeramatkan

 

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa di lokasi Bendung Seluma terdapat makam yang dikeramatkan. Makam tersebut diketahui makam leluhur yang diketahui bernama Sidi Kecil. Yang mana masyarakat sekitar sangat mengkeramatkan makam ini.

 

7.Relokasi Makam

 

Beredar informasi di masyarakat saat pembangunan Bendung Seluma ada sejumlah makam yang direlokasi atau dipindahkan. Ada juga yang menyampaikan bahwa saat relokasi tersebut ada beberapa makam yang gagal direlokasi. Namun informasi ini belum dapat dipastikan kebenarannya hanya sebatas informasi yang beredar di masyarakat. Makam yang dipindahkan ini merupakan makam tua.

 

8.Terakhir Telan Korban tahun 2018
Masih hangat berita tentang korban yang hanyut di Bendung Seluma pada tahun 2018 yaitu warga Talang Perapat. Sebelum kejadian ini sudah banyak yang hanyut di Bendung Seluma. Sejak saat itulah Bendung Seluma diperketat pengunjung dilarang mandi. Dan fasilitas pagar ditambah lagi supaya tidak ada yang nekat mandi




 

 

Kategori :