Wabup Minta Pemutahiran Data di BS, Akurat

Selasa 27-09-2022,10:42 WIB
Reporter : admin5131radarseluma
Editor : admin5131radarseluma

 

BENGKULU SELATAN - Meningkatkan kompetensi para kader pendata dalam pelaksanaan pemutakhiran Pendataan Keluarga (PK) di Tahun 2022 ini, Dinas PPKBP3A Kabupaten Bengkulu Selatan diharapkan dapat laksanakan pemutakhiran Pendataan Keluarga para kader lebih akurat. Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Bengkulu Selatan, H.Rifa’i Tajudin, S.Sos.

 

"Untuk para kader pendata lebih teliti agar menghasilkan data keluarga yang akurat. Karena, pendataan keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia secara lengkap. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga. Peraturan tersebut mengamanatkan bahwa dalam rangka mendukung penyelenggaraan perkembangan Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) diperlukan Data dan Informasi Keluarga yang dikelola dengan baik dan akurat,"pesan Wabup Rifa'i.

Dikatakan Wabup, pemutakhiran PK Tahun 2022 serta pengelola data dan informasi sangat penting dan strategis untuk memantapkan komitmen, menyamakan persepsi, dan meningkatkan kompetisi dalam upaya pencapaian kualitas data dan informasi Bangga Kencana melalui sistem informasi keluarga (SIGA) dan pemutakhiran PK Tahun 22.

 

"Hasil pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2022 (PK-22) ini nantinya akan digunakan sebagai bahan acuan dan pertimbangan dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrim," ucap Wabup. Untuk itu, data PK diharapkan menjadi rujukan untuk mendukung percepatan penanganan stunting, karena pendataan dilapangan diharapkan lebih akurat.

 

Sementara itu, kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak BS Ferry Kusnadi,SE mengungkapkan akan melaksanakan pemutakhiran Pendataan Keluarga (PK) di Tahun 2022 ini dengan valid.

"Bersama kader akan menyuguhkan data yang akurat guna untuk mendukung percepatan penanganan stunting,"demikian Ferry.(yes)

Kategori :