Abrasi Makin Melebar, Jalan Provinsi di Ilir Talo Seluma Terancam Putus

Abrasi Makin Melebar, Jalan Provinsi di Ilir Talo Seluma Terancam Putus

Jalan ambalas di seluma--

Namun kondisi saat ini telah dilakukan perbaikan yang telah dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Terutama para pengusaha kuari galian C yang telah menutup jalan yang sempat mengalami amblas.

 

BACA JUGA:Toyota Avanza 2024 Mobil MPV Dsaain dengan Model Baru Populie Dipasaran Kapasilitas 7 Penumpang

BACA JUGA:Toyota Hilux Double Cabin (D-Cab) 2.4 4x4 Mobil SUV Handal Model Pikap Mampu Segala Medan!

"Pondasi jembatan Matan dan badan jalan di tengah-tengahnya ikut ambles ke bawah. Tapi saat ini sudah ditimbun koral secara swadaya oleh masyarakat," ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Penago Baru, Salikin sangat berharap adanya perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Bengkulu. Akan kondisi jalan peninggalan Inggris ini untuk dapat segera ditingkatkan pembangunannya.

 

Menurutnya, akses jalan dan jembatan Matan ini merupakan akses yang paling terdekat untuk menuju ke Kota Tais. Jika berangkat dari wilayah Kecamatan Ilir Talo. Jika jembatan Matan ini terputus, maka masyarakat yang berada di wilayah Ilir Talo akan jauh memutar sejauh 17 km dengan melewati Desa Simpang Tiga Pagar Gasing, Kecamatan Talo.

 

"Sudah untuk kesekian kalinya, kami mengirim surat kepada pejabat daerah dan instansi terkait. Supaya jalan ini segera ditingkatkan. Karena sangat vital bagi masyarakat Ilir Talo. Kalau sampai terputus, maka terpaksa harus memutar jauh jika mau menuju ke Kota Tais," terang Salikin.

 

Diketahui, jika dari data BMKG gelombang pasang air laut yang menyebabkan abrasi ini. Disebabkan gaya tarik gravitasi antara Bumi, Bulan dan Matahari. Gaya tarik ini menyebabkan massa air laut terpengaruh dan memicu gelombang. 

 

BACA JUGA:Mitsubishi Pajero Sport Elite 2024 SUV Handal Mesin Berkelas Tinggi Irit BBM Nyaman di Perjalan Jauh!

Sumber: