KTT Jantung Asia-Pasifik Perdana, Pencegahan Penyakit Kardiovaskular dan Keadilan Kesehatan

KTT Jantung Asia-Pasifik Perdana, Pencegahan Penyakit Kardiovaskular dan Keadilan Kesehatan

KTT Jantung Asia-Pasifik Perdana, Pencegahan Penyakit Kardiovaskular dan Keadilan Kesehatan--

Mereka adalah:

Pertama, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap PTM dan CVD, dengan fokus pada edukasi masyarakat mengenai risiko dan tindakan pencegahannya;

Kedua, memperluas upaya penyaringan untuk mencakup penilaian risiko CVD yang komprehensif, terutama di daerah yang kurang terlayani;

Ketiga, memberdayakan penyedia perawatan primer untuk memainkan peran yang lebih aktif dalam mengelola CVD dengan memastikan mereka memiliki akses ke obat-obatan dan peralatan penting untuk pengobatan yang efektif.

Dan terakhir, meningkatkan sistem pengawasan dengan mengembangkan registri dan basis data nasional untuk PTM dan faktor risiko, yang akan memungkinkan pelacakan yang lebih baik dan intervensi yang disesuaikan.

 

KTT tersebut juga menekankan pentingnya mengembangkan strategi CVD yang kohesif dan mengintegrasikan kebijakan nasional yang inovatif yang mencakup teknologi digital, serta pembiayaan perawatan kesehatan yang berkelanjutan untuk memerangi CVD secara efektif. Undang-Undang Pengendalian Penyakit Serebrovaskular dan Kardiovaskular Jepang disajikan sebagai model, yang menunjukkan bagaimana inovasi kebijakan dapat mendorong peningkatan sistem kesehatan publik di seluruh wilayah.

 

BACA JUGA:Toyota Fortuner 2024 SUV Handal dan Tangguh Terpopuler di Indonesia dengan Harga Terjangkau

BACA JUGA:Ini Perbandingan Harga Cabai Merah dan Cabai Rawit Di Seluma

Diskusi juga akan difokuskan pada pengembangan mekanisme pembiayaan berkelanjutan untuk memastikan akses yang adil terhadap perawatan, dengan memprioritaskan kebutuhan populasi berisiko tinggi. Meskipun pria dan wanita sama-sama terkena penyakit kardiovaskular, dampaknya terhadap wanita sering kali tidak disadari, dan solusi pengobatan sering kali tidak dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan khusus mereka. Sangat penting untuk membangun strategi yang responsif terhadap gender yang mengatasi hambatan unik yang dihadapi wanita dalam diagnosis dan perawatan penyakit kardiovaskular, sekaligus mengakui perbedaan dalam cara penyakit tersebut memengaruhi pria dan wanita.

 

Seruan untuk Aksi Kolektif

 

Dr. Panthep Khananuraksa, Pakar, Kantor Keamanan Kesehatan Nasional, Thailand , menegaskan komitmen mereka untuk menciptakan perubahan yang langgeng: "Meskipun penyakit kardiovaskular sangat merugikan kehidupan, masih ada kesenjangan dalam pemahaman publik dan fokus kebijakan. Penyakit kardiovaskular, termasuk stroke dan penyakit jantung iskemik (IHD), bertanggung jawab atas jumlah kematian tertinggi terkait penyakit kardiovaskular di Thailand.

 

Komitmen kami untuk memerangi penyakit kardiovaskular didasarkan pada kebutuhan untuk meningkatkan kesadaran. Heart Summit pertama ini merupakan titik awal untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan, di mana semua masyarakat, terlepas dari lokasi atau keadaan mereka, memiliki akses ke alat perawatan dan pencegahan yang mereka butuhkan untuk mengurangi kematian yang dapat dicegah ini. Kolaborasi lintas berbagai pemangku kepentingan, termasuk masyarakat umum dan kelompok pasien, akan sangat penting untuk memastikan kami membangun sistem yang melayani semua orang secara efektif." tambah Dr. Panthep.

 

Sumber: