Bea Cukai Dukung UMKM Naik Kelas, Bina UMKM Agar Lebih Maju

Bea Cukai Dukung UMKM Naik Kelas, Bina UMKM Agar Lebih Maju

Pengerajin enceng gondok yang menjadi binaan Bea Cukai banda Aceh--

 

Banda Aceh, Radarseluma.Disway.Id,  - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Bea  Cukai) Aceh berkunjung ke Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kerajinan Enceng Gondok  di Desa Kubu, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, yaitu UMKM EG Craft pada  Jumat 11 Oktober 2024.

 Kunjungan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan dan asistensi langsung terhadap UMKM yang berada di wilayah provinsi Aceh.

 

BACA JUGA: Satlantas Polres Seluma Tindak 23 Pengendara, Operasi Zebra Nala 2024

BACA JUGA:30 Oktober Digelar CAT CPNS Seluma, Lokasi di Asrama Haji Bengkulu

“Pada tahun 2024 ini, kurang lebih sebanyak 25 UMKM di wilayah Aceh yang masuk dalam binaan Bea Cukai Aceh. Dan ini langsung di bawah asistensi dan binaan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) di wilayah Aceh, diantaranya UMKM di Sabang dilakukan oleh KPPBC Sabang, UMKM Banda Aceh dan Aceh Besar oleh KPPBC Banda Aceh, UMKM Simeuleu, Aceh Barat dan Aceh Jaya oleh KPPBC Meulaboh, UMKM Aceh Tengah dan Bener Meriah oleh  KPPBC Lhokseumawe serta UMKM Aceh Tenggara, Aceh Tamiang dan Langsa oleh KPPBC  Langsa” ungkap Leni Rahmasari, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai. 

 

Beberapa UMKM yang menjadi binaan Bea Cukai Aceh adalah UMKM yang bergerak pada usaha pengolahan produk makanan, pertanian dan perkebunan, kelautan dan perikanan, industri tepung kelapa, industri kerajinan, industri fashion, industri hasil tembakau dan rokok, industri obat tradisional, industri makanan dan minuman, dan industri lainnya. “Kemaren Tim Bea Cukai berkunjung langsung ke UMKM Kerajinan Enceng Gondok EG Craft. Kita dengar dan beri masukan langsung kepada mereka, agar yang bersangkutan semakin berkembang dan terus meningkatkan kapasitasnya, sehingga mampu bersaing di pasar internasional” papar Leni.

 

Pada kunjungan tersebut Bea Cukai juga mendapatkan masukan dari UMKM EG Craft, bahwa yang bersangkutan saat ini sedang mengalami masalah terkait supply bahan baku. Bahan baku Enceng Gondok yang merupakan bahan utama dari pengrajin EG. Craft makin susah di dapat.

 

BACA JUGA:Toyota Siap Menggemparkan Pasar Otomotif Merilis Fortuner Sport Produk Terbaru Raja SUV

BACA JUGA:Nitizen Kaget, Prabowo Panggil Veronica Tan, Mantan Istri Ahok

Sumber: