Kerajaan Sriwijaya Merupakan Kerajaan Tertua Ke Tiga Indonesia Bagaimana Kisahnya Yuk Kita Simak Part Satu.

Kerajaan Sriwijaya Merupakan Kerajaan Tertua Ke Tiga Indonesia Bagaimana Kisahnya Yuk Kita Simak Part Satu.

Radar Seluma. Disway.id. Sejarah Kerajaan Sriwijaya Kerajaan tertua ke tiga di Nusantara terletak di Sumatra--

"Kisah berdirinya Kerajaan Sriwijaya"

Radar Seluma. Disway.id - Sebagaimana kita bahwa Bangsa Indonesia terbentuk atas beberapa pulau suku dan ras dan bahasa lebih dari Bangsa Indonesia sebelum Merdeka merupakan berbentuk Kerajaan Kesultanan dan akhirnya melebur menjadi satu Negara Republik Indonesia yang diproklamasikan Kemerdekaan nya pada 17 Agustus 1945 oleh Sukarno Hatta atas nama Bangsa Indonesia.

Ketika dahulu masih berbentuk Kerajaan di Nusantara terdiri dari Kerajaan-kerajaan dalam sejarah terdapat beberapa Kerajaan tertua di Nusantara setidak nya ada 5 Kerajaan di anggap tertua dari Part sebelum nya kita sudah membahas di awali Kerjaan yang paling tertua yaitu Kerajaan Kutai yang terletak di Kalimantan Timur setelah itu Kedua Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat. Kali ini kita akan membahas Kerajaan tertua ke tiga di Nusantara yaitu Kerajaan Sriwijaya bagaimana kisah nya ayoo kita Simak bersama.

BACA JUGA:Inilah Beberapa Kerajaan Tertua di Indonesia. Apa Saja Ayoo Kita Cari Tau.

Pada tahun 1892, ada sebuah Prasasti ditemukan di Kampung Kota Kapur, Desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Prasasti yang ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Melayu Kuno itu mengandung beberapa kata yang dibaca sebagai "Sriwijaya".

Temuan Prasasti Kota Kapur itu telah menjelaskan bahwa Kerajaan Sriwijaya mulai berkembang pada abad ke- 7 karena pada masa itu, Kepulauan Nusantara ramai dikunjungi oleh para musafir asal Cina dan India.

Sejak awal, pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya berubah-ubah. Semula Sriwijaya berpusat di Minanga Tamwan, lalu pindah ke Jambi, dan berakhir di Palembang.

BACA JUGA:Sejarah Kerajaan Kutai Martadipura Kerajaan Tertua Pertama Di Indonesia

Prasasti tersebut diketahui Kerajaan Sriwijaya didirikan oleh Dapunta Hyang pada tanggal 16 Juni 682 Masehi.

Nama lengkapnya tertulis pada Prasasti Talang Tuo yaitu Dapunta Hyang Sri Jayanasa.

Menurut Prasasti Kedukan Bukit, Sri Jayanasa mengadakan perjalanan dengan memimpin 20.000 tentara, dalam perjalanannya, ia berhasil menaklukan daerah-daerah strategis untuk perdagangan sehingga hal ini yang mendorong kesejahteraan Sriwijaya ke depannya.

BACA JUGA:Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara Merupakan Kerajaan Tertua Ke 2 Di Indonesia Part 1

Sriwijaya merupakan Kerajaan yang bercorak kebudayaan India tertua ke- 3. Diperkirakan, Sri Jayanasa melakukan pada awal berdiri Sriwijaya melakukan ekspedisi pada wilayah-wilayah yang enggan tunduk pada mereka.

Ekspedisi ini sejalan dengan masa keruntuhan dua Kerajaan pendahulunya, yaitu Kerajaan Tarumanegara di Jawa bagian barat dan Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

Sumber: