3 Mukjizat Nabi Sulaiman AS Kuasai Bangsa Jin & Memindahkan Singgasana Ratu Balqis Part Tiga

3 Mukjizat Nabi Sulaiman AS Kuasai Bangsa Jin & Memindahkan Singgasana Ratu Balqis Part Tiga

Kajian Islam. 3 Mukjizat Nabi Sulaiman AS menguasai bangsa jin dan bahasa hewan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Nabi Sulaiman AS adalah satu dari 25 Nabi dan Rasul yang Memiliki Mukjizat sebagaimana Nabi dan Rasul lainnya bahkan tentang Mukjizat Nabi Sulaiman AS Allah SWT abadikan di dalam Al-Qur'an salah satu Mukjizat Nabi Sulaiman AS yang tidak di miliki oleh Nabi lain yaitu Nabi Sulaiman AS dapat berbicara kepada hewan dan memahami setiap bahasa hewan serta tunduk akan perintah nya.
 
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat An Naml ayat 18-19 tentang Nabi Sulaiman AS bisa memahami bahasa Binatang yangana berbunyi: 
 
حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ​ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ ١٨ فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ‏ ١٩
 
Artinya:
Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkata lah seekor semut, "Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarang mu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari, Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, "Ya Tuhanku, anugerahkan lah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridoi dan masukkan lah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh." (QS An Naml 18-19)
 
 
Nabi Sulaiman merupakan putra dari Nabi Daud sehingga dia mewarisi kekuasaan sekaligus kenabian dari sang ayah. Selain itu, Nabi Sulaiman juga dipandang sebagai Nabi terbesar setelah Nabi Musa AS dan Nabi Daud AS berikut Mukjizat Nabi Sulaiman AS:
 
Pertama: Dapat berbicara dengan Binatang dan mampu memerintahkan nya
 
Selain berbicara dengan semut, Nabi Sulaiman AS juga dapat berkomunikasi dengan burung. 
Hal ini dilakukan Nabi Sulaiman AS ketika sang ayah wafat Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS memerintahkan burung hud-hud untuk melindungi jama'ah yang mengantarkan jenazah Nabi Daud AS ke pemakaman agar terhindar dari panas nya terik cahaya Matahari dengan cara burung-burung tersebut membentangkan sayap-sayap sehingga menjadi payung dan jama'ah yang mengantarkan terlindungi.
 
Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Surat An Naml ayat 16 yang berbunyi: 
 
وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُودَ ۖ وَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ عُلِّمْنَا مَنْطِقَ الطَّيْرِ وَأُوتِينَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ ۖ إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ الْفَضْلُ الْمُبِينُ
Artinya: 
"Dan Sulaiman telah mewarisi Dawud, dan dia (Sulaiman) berkata, "Wahai manusia! Kami telah diajari bahasa burung dan kami diberi segala sesuatu. Sungguh, (semua) ini benar-benar karunia yang nyata," (QS An Naml 16) 
 
 
Kedua: Mampu menundukkan Jin memerintahka membangun memindahkan Singgasana Ratu Balqis ke Istana Nabi Sulaiman AS 
 
Nabi Sulaiman AS selain memimpin umat Manusia juga mampu memimpin dan menundukkan  Bangsa Jin suatu ketika Ratu Balqis ingin berkunjung ke Istana Sulaiman AS,
lalu Nabi Sulaiman AS memerintahkan untuk membangun Istana Nabi Sulaiman AS dalam waktu singkat dengan sangat indah serta memindahkan singgasana Ratu Balqis ke istana Nabi Sulaiman AS sehingga hal membuat Ratu Balqis terpesona sehingga menaklukan Ratu Balqis dan akhirnya Ratu Balqis memeluk Agama Islam secara sukarela.
 
Dalam Al-Qur'an Surat As Saba' ayat 13 dijelaskan terkait para jin yang membantu Nabi Sulaiman AS membangun istana Nabi Sulaiman hingga memindahkan singgasana Ratu Balqis sebagaimana berbunyi: 
 
يَعْمَلُونَ لَهُ مَا يَشَاءُ مِنْ مَحَارِيبَ وَتَمَاثِيلَ وَجِفَانٍ كَالْجَوَابِ وَقُدُورٍ رَاسِيَاتٍ ۚ اعْمَلُوا آلَ دَاوُودَ شُكْرًا ۚ وَقَلِيلٌ مِنْ عِبَادِيَ الشَّكُورُ
 
Artinya:
"Mereka (para jin itu) bekerja untuk Sulaiman sesuai dengan apa yang dikehendakinya di antaranya (membuat) gedung-gedung yang tinggi, patung-patung, piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk-periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah wahai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur," ( QS AS Saba 13)
 
Ketiga: Menundukkan serta memerintahkan Angin 
 
Mukjizat Nabi Sulaiman AS ya g lain yaitu Nabi Sulaiman AS mampu memerintah angin agar tunduk dan menaikinya bersama bala tentaranya. Hal ini dijelaskan dalam surat Shad ayat 36,
 
فَسَخَّرْنَا لَهُ ٱلرِّيحَ تَجْرِى بِأَمْرِهِۦ رُخَآءً حَيْثُ أَصَابَ
Artinya: 
"Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut ke mana saja yang dikehendakinya,"
 
Itulah setidaknya 3 Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman AS sebagai bukti atas kenabiannya  (djl) 
Bersambung ke Part Empat.
 

Sumber: