5 Mukjizat Yang Allah Anugerahkan Kepada Nabi Daud AS Part Tiga

5 Mukjizat Yang Allah Anugerahkan Kepada Nabi Daud AS Part Tiga

Kajian islam. 5 Mukjizat Nabi Daud AS --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Setiap Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah SWT ke muka Bumi ini tidak lain untuk menyempurnakan akidah Manusia dan setiap Nabi dan Rasul memiliki Mukjizat masing-masing, mereka diberi kekuatan luar biasa oleh Allah SWT agar semakin dipercaya bahwa mereka adalah utusan Allah SWT yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al Isra ayat 59 berbunyi:

وَمَا مَنَعَنَآ أَن نُّرْسِلَ بِٱلْءَايَٰتِ إِلَّآ أَن كَذَّبَ بِهَا ٱلْأَوَّلُونَ

Artinya: "Dan sekali-kali tidak ada yang menghalangi Kami untuk mengirimkan (kepadamu) tanda-tanda (kekuasan Kami), melainkan karena tanda-tanda itu telah didustakan oleh orang-orang dahulu" (QS Al Isra 59)

BACA JUGA:Kisah Nabi Daud AS Seorang Raja Bani Israil Yang Sangat Dihormati. Part Satu

Sebagaimana Nabi-nabi dan Rasul lain Nabi Daud AS juga memiliki Mukjizat setidaknya dalam Kajian Islam ini Radar Seluma. Disway.id ada 5 Mukjizat Nabi Daud AS yang akan kita bedah bersama

Pertama: Mampu Mengalahkan Raja Jalut Yang Keji Kejam dan Zalim serta Sombong

Pada zaman kenabian Nabi Daud AS Daud, ada seorang Raja berama Jalut yang terkenal kafir, kikir, dan keji Zalim dan sombong yang menjadi pemimpin Bani Israil pada saat itu suatu ketika terjadilah peperangan dan saat itu setiap orang yang belum menikah atau tidak berniaga maka di wajibkan untuk berperang melawan Raja Jalur 

Dan Nabi Daud AS juga diperintahkan oleh ayah nya untuk ikut berperang bersama kedua kakak nya namun saat itu Nabi Daud remaja tidak maju di barisan terdepan hanya membatu kedua kakak nya di balikan lain dan Nabi Daud mengetahui bahwa Raja Jalut berani menghujat Allah SWT dengan kesombongannya.

Murka dengan sikap Raja Jalut, Nabi Daud AS pun melawan kawanan Jalut dan para pengikutnya. Bahkan senjata yang digunakannya hanya ketapel dan beberapa butir batu.

Berkat Mukjizat Allah SWT bala tentara Raja Jalut berhasil musnah hingga sang Raja Jalur tewas seketika di Medan perang dan akhirnya Nabi Daud AS mendapat kerajaan besar itu dan menjadi Raja untuk melaksanakan pemerintahan yang adil dan bijaksana.

Ayat Al-Qur'an yang Mengisahkan tentang Nabi Daud AS menaklukan Raja Jalut yang zalim dan sombong sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 251 yang berbunyi: 

فَهَزَمُوْهُمْ بِاِذْنِ اللّٰهِۗ وَقَتَلَ دَاوٗدُ جَالُوْتَ وَاٰتٰىهُ اللّٰهُ الْمُلْكَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَهٗ مِمَّا يَشَاۤءُۗ وَلَوْلَا دَفْعُ اللّٰهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَّفَسَدَتِ الْاَرْضُ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ ذُوْ فَضْلٍ عَلَى الْعٰلَمِيْنَ ۝٢٥

Artinya : "Mereka (tentara Talut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan Daud membunuh Jalut. Kemudian, Allah menganugerahinya (Daud) kerajaan dan hikmah (kenabian); Dia (juga) mengajarinya apa yang Dia kehendaki. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, niscaya rusaklah bumi ini. Akan tetapi, Allah mempunyai karunia (yang dilimpahkan-Nya) atas seluruh alam" (QS Al-Baqarah 251)

Dalam Surat lain Allah SWT juga berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Anbiya' Ayat 78 berbunyi:

وَدَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ اِذْ يَحْكُمٰنِ فِى الْحَرْثِ اِذْ نَفَشَتْ فِيْهِ غَنَمُ الْقَوْمِۚ وَكُنَّا لِحُكْمِهِمْ شٰهِدِيْنَۖ ۝٧٨

Artinya : "Ingatlah Daud dan Sulaiman ketika mereka memberikan keputusan mengenai ladang yang dirusak pada malam hari oleh kambing-kambing milik kaumnya. Kami menyaksikan keputusan (yang diberikan) oleh mereka itu" (QS Anbiya 78)

BACA JUGA:Kisah Keteladanan Nabi Daud AS yang Patut Di Contoh Part Dua

Kedua: Memiliki suara merdu dan burung-burung ikut bertasbih

Nabi Daud memiliki keistimewaan lain yaitu suara sangat merdu, bahkan tidak ada bandingannya dengan umat manusia yang lain.

Selain itu, kepada Nabi Daud Allah menundukkan gunung dan burung untuk bertasbih bersamanya bahkan sesuka hati atas izin Allah.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Saba ayat10 yang berbunyi:

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ مِنَّا فَضْلًاۗ يٰجِبَالُ اَوِّبِيْ مَعَهٗ وَالطَّيْرَۚ وَاَلَنَّا لَهُ الْحَدِيْدَۙ

Artinya: ”Sungguh, benar-benar telah Kami anugerahkan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), “Wahai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang kali bersama Daud!” Kami telah melunakkan besi untuknya.” (Q.S. Saba 10) (djl)

Bersambung Part Empat

Sumber: