Sekda BS Ajak Masyarakat Wujudkan Hidup Sehat

Sekda BS Ajak Masyarakat Wujudkan Hidup Sehat

Sekda Pimpin Rapat Pertemuan mengundang Semua Stakeholder Terkait Dilaksanakan Kegiatan Kabupaten/Kota Sehat --

 

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id - Keberhasilan Kabupaten disebut sehat penentunya sangat luas, mungkin hampir semua komponen dalam bermasyarakat di BENGKULU SELATAN akan memberikan peran, termasuk juga person- per person utama dalam tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

 

Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Sukarni, SP.M.Si menuturkan di kegiatan Pertemuan Penguatan Kelembagaan Program Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2024. Yang mana pertemuan mengundang semua stakeholder terkait  dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan di Gedung Pola Bappeda Litbang, kemarin (24/7/24) menyampaikan, bahwa setidaknya ada 9 (sembilan) indikator sehat diharapkan dalam kabupaten/kota sehat adalah Permukiman, Sarana dan Prasarana Sehat, Tatanan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi Sehat, Tatanan Industri dan Perkantoran Sehat, Tatanan Kawasan Pariwisata Sehat, Tatanan Pertambangan Sehat, Tatanan Hutan Sehat, Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri, Tatanan Ketahan Pangan dan Gizi serta Tatanan Kehidupan Sosial Yang Sehat.

 

"Suatu Kota atau Kabupaten disebut sebagai Kabupaten/Kota sehat apabila sudah memenuhi kesembilan indikator tersebut. Tentunya jabaran dari setiap tatanan yang ada terdiri cakupan yang luas dan kompleks dan hampir meliputi seluruh tatanan kehidupan bermasyarakat di suatu wilayah,"ungkap Sekda.

 

Sekda mengakui penting bagi kita semua bahkan sampai pada tingkat perorangan untuk selalu menjaga kebiasaan hidup sehat, seperti tidak merokok di tempat-tempat umum, tidak buang air besar sembarangan atau “mising idar”, serta membiasakan diri dengan perilaku-perilaku hidup sehat lainnya.

BACA JUGA:Kodim 0408 BS/K, Sukseskan Vaksinasi Polio

BACA JUGA:Lansia, Diberikan Disdukcapil BS Pelayanan Khusus

Oleh sebab itu tugas kita dalam mewujudkan Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai Kabupatan sehat memang sangat berat, karena hampir semua tatanan dalam indikator Kabupaten/Kota sehat berkaitan banyak dengan tatanan kehidupan sosial masyarakat, dan terutama dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya membiasakan diri berperilaku hidup sehat.

 

"Saya mengajak betul masyarakat mewujutkan Kabupaten/kota sehat,"pungkas Sekda.

Sumber: