Festival Budaya Ayiak Manna, Upaya Untuk Menjaga Adat dan Budaya Bengkulu Selatan

Festival Budaya Ayiak Manna, Upaya Untuk Menjaga Adat dan Budaya Bengkulu Selatan

Budaya Ayiak Manna Bengkulu Selatan (BS), resmi dibuka Yang Ditandai Dengan Penyambutan Tarian Adat Daerah Sekapur Sirih serta Tari Napa--

 

"Untuk festival Ayik Manna ini sudah masuk ke dalam kalender event provinsi Bengkulu, dan terus berupaya agar lebih maju lagi dan bisa menjadi kalender nasional. Sebagaimana kegiatan festival budaya Ayiak Manna diisi berbagai kegiatan tari, lomba seperti rakit hias, lomba lagu daerah, pasar UMKM,"ucap Gusnan.

 

Ia menyebut kegiatan festival Ayiak Manna ini diakui sangat antusias disambut oleh masyarakat dan dibuktikan saat berlangsungnya pembukaan festival Ayiak Manna.

BACA JUGA:Ada Festival Ayiak Manna di Bengkulu Selatan, Ayo Ramaikan!

BACA JUGA:Menata Kehidupan Lebih Baik, Delapan Fungsi Tujuan Bangga Kencana di BS

"Kemasan kegiatan pembukaan festival ayiak Manna secara tertata, hingga tampilan dasar alas dibalut karpet merah melalui tarian sekapur sirih, membuat penonton menjadi terpesona,"pungkas Gusnan.

 

Ditambahkan Gusnan, selain sebagai media promosi, kegiatan festival budaya ini juga menjadi wadah atau kesempatan bagi masyarakat lokal dan pengunjung untuk belajar menghargai dan merayakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh daerah tercinta Kabupaten Bengkulu Selatan.

 

"Kami berharap festival budaya ayiak Manna ini dapat makin dicintai oleh masyarakat agar kita dapat menghargai adat budaya kita serta memperkenalkan kepada generasi muda masyarakat luas terkait adat budaya yang dimiliki Bengkulu Selatan dan semoga event ini berjalan sukses kedepannya, muda mudahan makin di kenal dan bisa menjadi salah satu ajang perwisatahan daerah,”tutup Gusnan.

 

Sedangkan Kepala Dispar BS, Rendra Febrianto SS.MM menyebut terselenggaranya kegiatan festival Ayiak Manan tidak terlepas dukungan pemerintah dalam hal ini kekompakan tim panitia dan dimana kegiatan dipusatkan objek pantai pasar bawah.

 

"Kita dukung terus kegiatan festival Ayiak Manna agar semakin semarak. Sebab budaya daerah tidak akan terselamatkan, bila tidak dilestarikan,"demikian Rendra.(yes)

Sumber: