Pemkab BS Ajak Masyarakat Manfaatkan Perpustakaan Daerah

Pemkab BS Ajak Masyarakat Manfaatkan Perpustakaan Daerah

Kadis Perpusda Bengkulu Selatan, Sri Gusti SH Memberihkan Bimbingan--

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan, dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan perpustakaan daerah yang telah dibangun sebagai tempat berliterasi.

 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Disperpusda) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Sri Gusti SH mengatakan perpustakaan daerah menjadi tempat masyarakat dalam meningkatkan minat baca dan mencari berbagai referensi ilmu pengetahuan.

 

"Sudah ada gedung perpustakaan daerah yang megah di jalan Afan Baksin kota Manna dari hasil pembangunan Dana Alokasi Khusus (DAK), dan mulai dioperasikan, hingga saat ini,"ungkap Sri Gusti kepada awak media, Juma't (12/7/2024).

 

Oleh karenanya, lanjut Sri Gusti, tidak bosan-bosannya mengajak agar masyarakat dapat memanfaatkan sebaik mungkin kehadiran gedung perpustakaan daerah. Bukan hanya sebagai tempat membaca, tetapi juga sebagai ruang publik, seperti menggelar kegiatan pelatihan-pelatihan oleh komunitas literasi, diskusi pemuda-pemudi, dan kegiatan komunikasi lainnya tanpa harus dikenakan biaya sewa gedung.

BACA JUGA:Wabup Bengkulu Selatan Dorong Pembentukan Bank Sampah

BACA JUGA:Kandidat Cakada BS, Diprediksi Dua Pasang, 7 Parpol Siap Usung Paslon Maju Lawan Petahana

"Sarana dan prasarana di perpustakaan sudah cukup lengkap, mulai dari ruangan yang luas dan nyaman, tempat duduk, rak buku, hingga ruang bermain anak serta gedung dipasilitasi AC,”,"kata Sri Gusti.

 

Ia mengakui perpustakaan  tersebut melayani digital mengintegrasikan semua bahan bacaan yang ada di sistem layanan digital, sehingga dapat mempermudah pengunjung untuk mencari bahan bacaan apa yang ingin dilihat. Sebagaimana, jenis bahan bacaan yang telah tercatat di perpustakaan daerah BS, baik bahan bacaan anak-anak, buku tentang pertanian/ perkebunan, kuliner, kebudayaan.

 

Sumber: