Bupati Bengkulu Selatan Dukung Pengembangan Bank Sampah di BS

Bupati Bengkulu Selatan Dukung Pengembangan Bank Sampah di BS

Bupati Dukung Pengembangan Bank Sampah di BS Mendorong Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan Menginisiasi Program Pengolahan Sampah--

 

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id - Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi, SE.MM geram dengan kemunculan sampah yang kian hari semakin menumpuk mendorong Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan menginisiasi program pengolahan sampah dengan pengembangan bank sampah. Keberadaan bank sampah nantinya bertujuan menjadi fasilitator warga memilah dan memilih, selanjutnya mendaur ulang serta memanfaatkan sampah.

 

"Dengan memanfaatkan sampah, muncul kesadaran masyarakat untuk memilih dan mengurangi penggunaan sampah yang membahayakan lingkungan. Program tersebut juga sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs),"ungkap Gusnan.

 

Menurut Gusnan, persoalan sampah masih menjadi permasalahan kita bersama, bukan hanya tanggung jawab DLHK saja untuk mencarikan solusinya, salah satu dengan bank sampah nantinya dapat meminimalisir persoalan sampah dan lebih bernilai ekonomis tentunya.

 

"Kita harap dengan pemilihan sampah dapat bernilai. Sehingga kesadaran masyarakat buang sampah timbul,"pungkas Gusnan.

BACA JUGA:Warga BS Diminta Tetap Waspada, Kasus DBD Masih Mengintai

BACA JUGA:Ketua DPRD Bengkulu Selatan Barli Halim Dukung Penuh Program BPJS Tenaga Kerja

Sementara itu, Kabid Pengembangan Sumber Daya dan Infrastuktur Bappeda-Litbang BS, Dwi Prian Dona, ST.ME menuturkan dalam upaya mendukung keberadaan bank sampah, pihaknya bersama Dinas PUPR, DLHK, Wahana Visi Indonesia (WVI) bersma-sama telah melakukan survei tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) di Desa Tebat Kubu dan Padang Lebar. Hal ini, guna menyiapkan prasarana pendukung kegiatan bank sampah di Kabupaten Bengkulu Selatan. Survei tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bidang PSI Bappeda-Litbang BS.

 

"Untuk pemantapan bank sampah kami Bappeda-Litbang bersama pihak-pihak terkait sudah melihat langsung kondisi tempat pembuangan pengelolaan sampah sementara dengan konsep 3R, nanti lokasi ini akan dioptimalkan untuk pengelolaan bank sampah di Bengkulu Selatan,"demikian Dwi.(yes/adv)

Sumber: