Mukjizat Nabi Ishaq AS Yang Termaktub Dalam Al-Qur'an

Mukjizat Nabi Ishaq AS Yang Termaktub Dalam Al-Qur'an

Kajian Islam. Mukjizat Nabi Ishaq AS --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Nabi Ishaq AS adalah anak kedua dari Nabi Ibrahim AS setelah Nabi Ismail AS. Nabi Ishaq AS lahir di Kota Kan’an pada 1761 SM. Pada saat putranya lahir ke dunia, usia Nabi Ibrahim AS dan Siti Sarah telah terbilang tua. Nabi Ibrahim AS berusia 120 tahun, sementara Siti Sarah 90 tahun.

BACA JUGA:Kisah Nabi Ishaq AS Putra Nabi Ibrahim. AS

Sebagaimana para Nabi dan Rasul yang lainnya Nabi Ishaq AS juga memiliki Mukjizat sebagai bukti kenabian nya satu mukjizat Nabi Ishaq AS. Bahkan, kabar bahwa Nabi Ibrahim AS dan Siti Sarah akan dikaruniai anak di usia senja ini disampaikan langsung oleh Malaikat sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat AS Saffat ayat 112-113 yang berbunyi: 

وَبَشَّرۡنٰهُ بِاِسۡحٰقَ نَبِيًّا مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَ‏ ١١٢

وَبٰرَكۡنَا عَلَيۡهِ وَعَلٰٓى اِسۡحٰقَ​ؕ وَ مِنۡ ذُرِّيَّتِهِمَا مُحۡسِنٌ وَّظَالِمٌ لِّنَفۡسِهٖ مُبِيۡنٌ​‏ ١١٣

Artinya: 

"Allah SWT berfirman yang artinya, “Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishak seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh. Dan Kami limpahkan keberkahan kepadanya dan kepada Ishak. Dan di antara keturunan keduanya ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang terang-terangan berbuat zalim terhadap dirinya sendiri.” (QS. As Saffat: 112-113).

BACA JUGA:Kisah Nabi Ismail AS Putra Nabi Ibrahim AS

Selain dilahirkan saat orang tuanya berusia senja, ada pula beberapa Mukjizat lain yang dimiliki oleh Nabi Ishaq AS. Apa saja mukjizat Nabi Ishaq AS berikut penjelasan nya berdasarkan Al-Qur'an 

Pertama: Yang Arif dan Bijak

 

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menjuluki Nabi Ishaq AS sebagai seorang anak yang arif dan bijak. Karenanya, beliau diutus Allah sebagai Nabi untuk menggantikan Nabi Ibrahim AS dalam mengajak manusia berbuat kebaikan. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Maryam ayat 49 yang berbunyi:

فَلَمَّا اعْتَزَلَهُمْ وَمَا يَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۙوَهَبْنَا لَهٗٓ اِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَۗ وَكُلًّا جَعَلْنَا نَبِيًّا

Artinya:

“Maka ketika dia (Ibrahim) sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak dan Yakub. Dan masing-masing Kami angkat menjadi Nabi” (QS. Maryam 49).

Kedua: Memiliki Ilmu dan Akhlak Yang Tinggi

 

Allah SWT tidaklah mengutus seseorang menjadi Nabi jika ia bukan termasuk ke dalam golongan orang berilmu dengan akhlak yang tinggi. Nabi Ishaq AS merupakan salah satu di antaranya, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat Shad ayat 45-47 yang berbunyi:

وَاذۡكُرۡ عِبٰدَنَاۤ اِبۡرٰهِيۡمَ وَاِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ اُولِى الۡاَيۡدِىۡ وَالۡاَبۡصَارِ‏ ٤٥

اِنَّاۤ اَخۡلَصۡنٰهُمۡ بِخَالِصَةٍ ذِكۡرَى الدَّارِ​ۚ‏ ٤٦

وَاِنَّهُمۡ عِنۡدَنَا لَمِنَ الۡمُصۡطَفَيۡنَ الۡاَخۡيَارِؕ‏ ٤٧

Artinya:

“Dan ingatlah hamba-hamba Kami : Ibrahim, Ishaq dan Ya’qub yang mempunyai perbuatan-perbuatan yang besar dan ilmu-ilmu yang tinggi. Sesungguhnya Kami telah menyucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat. Dan sesungguhnya mereka pada sisi Kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang paling baik.”

BACA JUGA:Nabi Ibrahim AS Selamat Dari Kobaran Api, Raja Namrud Dipermalukan

Ketiga: Bapak Bangsa Bani Israil

 

Nabi Ishaq AS adalah sosok di balik munculnya Bangsa Bani Israil, dari darinya lahir keturunan, yakni Nabi Yaqub AS yang memiliki nama lain Israil. Dalam Alquran surat As Saffat ayat 113, Allah SWT berfirman yang yang berbunyi:

وَبٰرَكْنَا عَلَيْهِ وَعَلٰٓى اِسْحٰقَۗ وَمِنْ ذُرِّيَّتِهِمَا مُحْسِنٌ وَّظَالِمٌ لِّنَفْسِهٖ مُبِيْنٌ  ١١٣

Artinya:

“Dan Kami limpahkan keberkahan kepadanya dan kepada Ishaq. Dan di antara keturunan keduanya ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang terang-terangan berbuat zalim terhadap dirinya sendiri.” (QS AS Saffat 113)

Demikianlah Mukjizat Nabi Ishaq AS yang di jelaskan dalam Al-Qur'an yang patut kita umat Islam yakini dan menjadikan tauladan bagi kita. (djl)

Sumber: