Sapi Kurban Pemda Hatinya Dibuang, Tim Keswan Distan Temukan Terinfeksi Cacing Hati

Sapi Kurban Pemda Hatinya Dibuang, Tim Keswan Distan Temukan Terinfeksi Cacing Hati

Tim Keswan periksa daging kurban--

 

PASAR TAIS, Radarseluma.Disway.Id,  - Momen penyembelihan sapi kurban kemarin, tak luput dari pengawasan petugas tim kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Seluma.

 

Bersamaan dengan penyembelihan, tim dokter hewan terus memeriksa kelayakan daging dan organ dari hewan kurban yang disembelih di sejumlah lokasi. Tak terkecuali di lokasi 2 ekor sapi dari Pemerintah Kabupaten Seluma yang disembelih di halaman Masjid Agung Baitul Falihin yang berada di Kelurahan Pasar Tais, Kecamatan Seluma Kota Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.

 

BACA JUGA:Percepat Pertumbuhan E-Commerce dan Fintech di Asia Tenggara, VCI Global Gandeng Treasure Global Inc

BACA JUGA:Selain Higgs Domino Global, Royal Dream Juga Populer

Dalam pemeriksaan yang dilakukan. Tim kesehatan hewan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma. Menemukan sejumlah hewan kurban yang terinfeksi cacing hati. Petugas menyarankan panitia kurban untuk memotong bagian organ hati yang terinfeksi dan tidak menyerahkan kepada masyarakat.

 

"Sebelumnya, kita telah melakukan pengecekan kehebatan terhadap hewan kurban. Hari ini kita kembali melakukan pemeriksaan pos fortem atau pemeriksaan setelah pemotongan," sampai drh David Viterolele selaku tim Keswan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma.

 

Dalam pemeriksaan, petugas dokter hewan cenderung fokus terhadap organ hati. Pasalnya, jika hati sudah mengalami kerusakan kronis. Biasanya akan membuat struktur organ menjadi rapuh. Jika demikian, maka hati harus dipotong atau bahkan dibuang semuanya. Meski organ hati terinfeksi cacing. Pihaknya memastikan bahwa, daging hewan tetap aman untuk dikonsumsi.

 

"Semuanya berjalan dengan lancar dan tidak ada yang mengakibatkan masalah. Jadi gini yang perlu kita sampaikan. Indonesia merupakan negara tropis, tentunya ketika ditemukannya cacing itu hal yang lumrah. Kita telah melakukan pemeriksaan, jika dari hasil pemeriksaan luar kondisi sehat. Memang kita temukan dibagian-baguan cacing marapis, tetapi sudah kita singkirkan," terangnya.

Sumber: