Seluma Berbudaya Tidak Hanya Fokus Serawai

Seluma Berbudaya Tidak Hanya Fokus Serawai

Bupati Seluma, Erwin Octavian--

 

 

PEMATANG AUR, radarseluma.disway.id - Bupati Seluma Erwin Octavian, SE menyampaikan Seluma Berbudaya tidak hanya terfokus dengan budaya Serawai saja. Bupati menyampaikan Kabupaten Seluma memiliki beranekaragam budaya meliputi Bali, Bugis, Jawa, dan Batak. Dikatakan Bupati Seluma melalui Program Seluma Berbudaya dan Beragama pemerintah daerah akan terus mendorong pelestarian budaya hingga menjadi identitas bagi daerah. Kemudian bupati juga menyampaikan bahwa Kabupaten Seluma ini kaya akan keanekaragaman dan menurutnya Seluma ini miniaturnya Nusantara. 

 

"Kita memiliki program Seluma Berbudaya dan Beragama. Tidak hanya fokus dengan budaya serawai saja. Kita pemerintah daerah akan mendukung budaya lainnya. Seperti hari ini (kemarin) kita menampilkan kesenian budaya dari Jawa yaitu jaranan. Ke depan kegiatan ini akan terus kita dorong. Tidak hanya jawa kebudayaan lain juga kita angkat," sampainya, kemarin. 

 

Saat ini Kebudayaan Suku Jawa sudah sangat diterima di kalangan masyarakat pribumi (Serawai), festival jaranan yang di gelar di rimbo kedui Kecataman Seluma Selatan, berlangsung ramai penonton, tak hanya warga Jawa namun warga Serawai juga berdatangan untuk menyaksikan, Sabtu (15/6).

 

Karena kegiatan ini selalu saja menyedot antusias masyarakat Serawai yang datang langsung untuk menyaksikan pertunjukan jaranan tersebut.

BACA JUGA:Idul Adha, Bupati Seluma: Momentum Tingkatkan Ketakwaan dan Keikhlasan

BACA JUGA: Desa Jenggalu Seluma, Terbanyak Qurban Se-kabupaten! LDII Seluma Sumbang 13 Ekor Hewan Kurban

BACA JUGA: Harga Cabai Merah Tembus Rp 80 Ribu/Kg, Berikut Daftar Harga Bahan Pokok di Seluma

Supran, salah satu Tokoh Masyarakat serawai Desa Padang Genting mengatakan bahwa, sebagai tokoh masyarakat Serawai ia sangat terbuka akan kebudayaan suku lain yang ada di kabupaten Seluma.

 

Sumber: