Perda Pakaian Adat Seluma Tunggu Pengajuan BMA

Perda Pakaian Adat Seluma Tunggu Pengajuan BMA

Kabid Kebudayaan Seluma Een Ruziandi--

 

PEMATANG AUR, radarseluma.disway.id - Terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang mengatur soal pakaian adat di Kabupaten Seluma, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menyampaikan hal itu diusulkan oleh Badan Musyawarah Adat (BMA). Dalam hal ini Bidang Budaya hanya melakukan pendampingan saja. "Untuk Perda pakaian adat nanti BMA yang akan mengusulkan. Kita hanya melakukan pendampingan saja," ujar Kabid Kebudayaan Een Ruziandi, kemarin. 

 

Sebelumnya Bupati Seluma menilai saat ini belum ada penyatuan persepsi tentang bagaimana pakaian adat Kabupaten Seluma. 

 

Dan dirinya mendeadline agar persoalan ini rampung dalam kurun waktu dua bulan. Sehingga ke depan apabila sudah ada penyatuan persepsi maka akan diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk dijadikan sebagai Peraturan Daerah (Perda). 

BACA JUGA:Presiden NACC Thailand Advokasi Teknologi Inovatif, Perangi Korupsi di Konferensi Asia Tenggara

BACA JUGA: Kades Dusun Baru Seluma akan Gugat SK Pemberhentian Ke PTUN,! PH Pemkab Seluma : Bisa Diaktifkan Lagi

BACA JUGA:Konferensi JCI Asia-Pasifik 2024 di Angkor Wat, Kamboja Sukses

"Masih dalam suasana lebaran hari ini (kemarin) kita melaksanakan halal bi halal dengan perwakilan tokoh BMA dan tokoh masyarakat. Yang kita bahas tadi soal baju adat saya beri deadline dua bulan. Selain itu juga tadi juga ditampilkan lima jenis silat yang ada di Kabupaten Seluma," ungkap bupati belum lama ini. 

 

Erwin, adat istiadat menjadi identitas suatu daerah. Sehingga sudah sepatutnya jika seluruhnya menjaga ada istiadat ini sebagai bentuk pelestarian, agar tidak punah di telan zaman. "Ke depan kegiatan ini akan kita lakukan setiap tahunnya, dengan melihat anggaran yang ada," urainya. 

 

Sejumlah silat yang ditampilkan dalam kegiatan ini nantinya akan dibuat buku dan dijadikan video sebagai dokumentasi sehingga dapat menarik minat generasi muda untuk mempelajari dan melestarikannya."Kita akan bukukan dan akan divideokan sehingga nanti dapat menarik minat generasi muda untuk mulai belajar dan memahami apa adat dan istiadat di Kabupaten Seluma.(adt)

Sumber: