DP4 Seluma Berkurang 500 dari DPT Pemilu

DP4 Seluma Berkurang 500 dari DPT Pemilu

Komisioner KPU Seluma Anang Erma Dona Katakan BahwaDP4 Tersebut Terdapat Pengurangan Sekitar 500 --

 

PASAR TAIS, radarseluma.disway.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, telah menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pilkada Serentak 2024 sebanyak 156.254 orang. Data tersebut berasal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang disampaikan ke KPU RI dan diteruskan ke KPU Seluma. Ada penurunan sekitar 500 orang dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) yaitu sebanyak 156.754.

 

“Dalam DP4 tersebut terdapat pengurangan sekitar 500 an dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 kemarin sebanyak 156.754 orang,” kata Komisioner KPU Seluma Anang Erma Dona, kemarin. 

 

Ia mengatakan, DP4 tersebut juga berasal dari warga yang masuk dalam daftar pemilih tambahan, maupun daftar pemilih khusus pada Pemilu 2024.

 

Pada tahapan selanjutnya, panitia pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih akan melakukan pemutakhiran data dan daftar pemilih dengan mendatangi rumah-rumah warga pada 24 Juni ini.

BACA JUGA:BKSDA Seluma Imbau Tidak Ambil Organ Satwa Dilindungi

BACA JUGA: Anggota Polsek Talo Datangi SMA 2 Seluma, Sosialisasi Bahaya Narkoba

“Oleh karena DP4 telah turun, kami akan segera merekrut Pantarlih atau panitia pemutakhiran data pemilih. Kami akan melakukan pemutakhiran data dan daftar pemilih pada bulan Juni. Dalam pemuktahiran ini bakal melibatkan 581 Pantarlih. Kemungkinan nanti bisa bertambah dari D4,” imbuhnya.

 

Ia mengatakan, tugas dari Pantarlih ini adalah melakukan pencocokan dan penelitian atau coklit. Dari data itu akan didatangi ke rumah masing-masing warga atau pemilih untuk mencocokkan apakah yang bersangkutan sudah benar atau perlu perbaikan. Kemudian nanti juga akan terjadi pengurangan pemilih-pemilih yang tidak memenuhi syarat, misalnya meninggal dunia, pindah domisili dan menjadi TNI Polri.

 

Sumber: