Kisah Nabi Ishaq AS Putra Nabi Ibrahim. AS

Kisah Nabi Ishaq AS Putra Nabi Ibrahim. AS

Kajian Islam. Kisah Nabi Ishaq AS --

Kajian Islam. Radar Seluma, Disway.id -Nabi Ishaq AS merupakan saudara Nabi Ismail AS Putra dari Nabi Ibrahim AS berusia 180 tahun pada hidup pada masa 1897-1717 sebelum Masehi Allah mengutus Nabi Ishaq AS di Kota Al-Khalil Hebron di daerah Kan’an dengan di karuniai keturunan 2 orang anak di antaranya juga menjadi Nabi yaitu Nabi Ya’qub AS (Israel) dan Nabi Ishaq AS meninggal dunia di Al-Khalil. Hebron
 
 
Allah SWT menyebut nama Ishaq AS dalam Al-Qur'an sebanyak 17 kali salah satunya terdapat dalam Al-Qur'an Surat Maryam ayat 49 disebutkan mengenai Ishaq Allah SWT dijadikan sebagai Nabi yang berbunyi: 
 
فَلَمَّا ٱعْتَزَلَهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ وَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ ۖ وَكُلًّا جَعَلْنَا نَبِيًّا
Artinya: 
"Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishak, dan Ya'qub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi Nabi," ( QS Maryam 49

Kisah Nabi Ishaq AS sebagai kabar baik untuk Nabi Ibrahim dan Sarah

Kabar lahirnya Nabi Ishaq AS sebagai anak Nabi Ibrahim AS dan Sarah dikabarkan melalui empat Malaikat yang diutus oleh Allah SWT yakni Jibril, Mikail, Israfil dan Rafail. Keempat malaikat tersebut datang ke rumah Nabi Ibrahim AS sebagai seorang tamu.

Mereka memberikan kabar gembira kepada Nabi Ibrahim AS dan Sarah bahwa akan lahir seorang putra yang bernama Ishaq sebagai anak mereka. Malaikat tersebut juga mengucapkan selamat kepada Nabi Ibrahim AS dan Sarah.

Sarah yang mendengar kabar tersebut langsung tercengang sekaligus senang. Seperti yang diketahui bahwa Sarah dalam kondisi mandul dan berusia tua namun dengan kuasa Allah SWT dirinya bisa mempunyai anak. Kelahiran Nabi Ishaq AS tentunya menjadi sebuah berkah untuk Nabi Ibrahim AS dan Sarah.

BACA JUGA:Kisah Nabi Nuh, Rasul Pertama Yang Diutus Berdakwah Penuh Kesabaran

Kisah Nabi Ishaq AS dalam perjalanan dakwahnya

Nabi Ishaq AS diutus oleh Allah SWT untuk menjadi penerus Nabi Ibrahim AS dalam berdakwah di Palestina. Nabi Ishaq AS menyerukan kepada kaumnya untuk menyembah Allah SWT dan melakukan ibadah seperti mendirikan salat, menunaikan zakat dan mengerjakan segala kebajikan lain yangs esuai dengan perintah Allah SWT.

BACA JUGA:Kisah Singkat Nabi Hud AS hingga Allah Binasakan dengan Angin Topan Yang Dahsyat.

Kisah Nabi Ishaq AS menikah gadis Irak

Ibu Nabi Ishaq AS yakni Sarah akhirnya meninggal lebih dulu. Sang ayah Nabi Ibrahim AS juga sudah semakin tua, tapi Nabi Ishaq AS belum juga menikah. Hingga akhirnya salah satu pelayan Nabi Ibrahim AS diminta untuk mencarikan calon istri untuk Nabi Ishaq AS dengan pergi ke Irak mencari keluarga Nabi Ibrahim AS untuk dinikahkan dengan anaknya tersebut.

Nabi Ishaq AS pun akhirnya menikah dengan seorang gadis Irak yang bernama Ribka pada usianya yang sudah empat puluh tahun. Gadis yang menjadi istri Nabi Ishaq AS tersebut diketahui masih berhubungan saudara dengan Nabi Ibrahim AS yang secara silsilah Ribka merupakan anak perempuan dari saudara sepupu Ishaq. Kemudian Nabi Ishaq AS dan istirinya menetap di Palestina.

BACA JUGA:Kisah Nabi Luth Menghadapi Kaum Sodom

Mukjizat Nabi Ishaq AS

Nabi Ishaq AS diberikan Mukjizat oleh Allah SWT untuk membantunya menjalankan dakwah di Palestina, berikut Mukjizat Nabi Ishaq AS 

1. Nabi Ishaq AS dan istrinya Ribka akhirnya dikaruniai keturunan di usianya yang sudah 100 tahun dan kondisi Ribka yang mandul, hal itu bisa terjadi atas kekuasaan Allah SWT.

 

2. Keturunan Nabi Ishaq AS merupakan pencetus munculnya Kaum Bani Israil. Anak Nabi Ishaq AS yakni Nabi Yakub memiliki keturunan kaum Bani Israil.

 

Itulah kisah Nabi Ishaq AS yang dapat kita ambil hikmah khususnya kita umat Islam. (djl) 

Sumber: