Kisah Sosok Walihah, Istri Nabi Luth Yang Turut Diazab Allah SWT

Kisah Sosok Walihah, Istri Nabi Luth Yang Turut Diazab Allah SWT

Kajian Islam, Kaum Luth Allah Binasakan dengan hujan batu hingga Allah jadikan patung batu termasuk istri Nabi Luth AS --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Nabi Luth AS diutus olah Allah SWT untuk berdakwah kepada kaum Sodom atau kaum yang menyukai sesama jenis Homosexual, Lesbian yang sudah sangat meresahkan dan melampaui batas dan hal itu dilakukan secara terang-terangan dan terbuka bahkan lumrah dilakukan saat itu. 
 
Atas kebiasaan itu tentu membuat Allah SWT menjadi murka hingga menurunkan azab-Nya, tak terkecuali istri Nabi Luth AS sendiri.
 
Kedurhakaan Walihah istri Nabi Luth AS beserta kaumnya banyak Allah SWT abadikan dalam Al-Qur'an di antaranya Surah Al Araf ayat 80-84 yang mana berbunyi: 
 
وَلُوۡطًا اِذۡ قَالَ لِقَوۡمِهٖۤ اَتَاۡتُوۡنَ الۡفَاحِشَةَ مَا سَبَقَكُمۡ بِهَا مِنۡ اَحَدٍ مِّنَ الۡعٰلَمِيۡنَ‏ ٨٠
 
اِنَّكُمۡ لَـتَاۡتُوۡنَ الرِّجَالَ شَهۡوَةً مِّنۡ دُوۡنِ النِّسَآءِ​ ؕ بَلۡ اَنۡـتُمۡ قَوۡمٌ مُّسۡرِفُوۡنَ‏ ٨١
 
وَمَا كَانَ جَوَابَ قَوۡمِهٖۤ اِلَّاۤ اَنۡ قَالُـوۡۤا اَخۡرِجُوۡهُمۡ مِّنۡ قَرۡيَتِكُمۡ​ ۚ اِنَّهُمۡ اُنَاسٌ يَّتَطَهَّرُوۡنَ‏ ٨٢
 
فَاَنۡجَيۡنٰهُ وَاَهۡلَهٗۤ اِلَّا امۡرَاَتَهٗ ​ۖ كَانَتۡ مِنَ الۡغٰبِرِيۡنَ‏ ٨٣
وَاَمۡطَرۡنَا عَلَيۡهِمۡ مَّطَرًا ​ؕ فَانْظُرۡ كَيۡفَ كَانَ عَاقِبَةُ الۡمُجۡرِمِيۡنَ‏ ٨٤
Artinya:
"Dan (Kami juga telah mengutus) Lut, ketika dia berkata kepada kaumnya, "Mengapa kamu melakukan perbuatan keji, yang belum pernah dilakukan oleh seorang pun sebelum kamu di dunia ini" (QS Al- A'raf 80)
 
"Sungguh, kamu telah melampiaskan syahwatmu kepada sesama lelaki bukan kepada perempuan. Kamu benar-benar kaum yang melampaui batas." ( QS Al- A'raf 81)
 
"Dan jawaban kaumnya tidak lain hanya berkata, "Usirlah mereka (Lut dan pengikutnya) dari negerimu ini, mereka adalah orang yang menganggap dirinya suci."(QS Al A'raf 82)
 
"Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikutnya, kecuali istrinya. Dia (istrinya) termasuk orang-orang yang tertinggal" ( QS Al- A'raf 83)
 
"Dan Kami hujani mereka dengan hujan (batu). Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang berbuat dosa itu"(QS Al- A'raf 84)
 
Kaum Nabi Luth AS bernama kaum Sodom merupakan kaum Sodom yang menyimpang dalam kesehariannya, merampok, menganiaya, dan berbuat jahat menjadi suatu pemandangan dan kebiasaan buruk yang menjadi kebiasaan sehari-hari.
 
Nabi Luth AS berdakwah kepada kaum Sodom namun apa ya g di sampaikan oleh Nabi Luth AS banyak di ingkari oleh kaumnya dan menolak dakwah Nabi Luth AS termasuk orang terdekatnya yaitu istrinya ikut ingkar akan ajaran kebenaran Nabi Luth AS bahkan berkhianat terhadap Nabi Luth AS 
 
Dikisahkan yang membuat istri Nabi Luth AS ikut diazab oleh Allah SWT adalah tatkala ia membocorkan kedatangan tamu Nabi Luth AS yang rupawan di rumahnya kepada kaum Sodom
Tamu tersebut tak lain adalah Malaikat utusan Allah SWT.
 
Ibnu Katsir menerangkan dalam buku kisah Nabi karyanya, Nabi Luth AS khawatir tamunya tersebut akan diganggu oleh kaumnya, karena ia tidak pernah melihat seorang pun yang memiliki wajah rupawan seperti mereka.
 
Meski demikian, Nabi Luth AS tetap menerima kedatangan tamunya. 
Tidak ada satupun yang mengetahui kedatangan mereka kecuali keluarganya yang ada di rumahnya. 
Namun, ternyata istri Nabi Luth AS keluar dari rumah dan memberitahukan kepada kaumnya tentang kedatangan para tamu tersebut.
 
Usai mendengar kabar tersebut, kaum Sodom pun segera mendatangi kediaman Nabi Luth AS untuk membuktikan kebenarannya sehingga Allah datangkan azab kepada kaum Sodom 
 
Para Malaikat yang mendatangi rumah Nabi Luth AS menyampaikan perintah agar Nabi Luth AS keluar dari Negeri tersebut dengan membawa keluarganya pada malam hari. 
Dikatakan, Nabi Luth AS dan keluarganya diminta untuk tidak menoleh ke belakang ketika azab itu turun kepada kaumnya.
 
Namun, istri Nabi Luth AS justru menoleh ke belakang dan merasakan azab bersama kaum Luth yang lain.
 
Sebagaimana diabadikan olah Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al Hijr ayat 65 berbunyi:
 
فَاَسْرِ بِاَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِّنَ الَّيْلِ وَاتَّبِعْ اَدْبَارَهُمْ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ اَحَدٌ وَّامْضُوْا حَيْثُ تُؤْمَرُوْنَ ۝٦٥
 
Artinya: 
Maka, pergilah pada akhir malam beserta keluargamu dan ikutilah mereka dari belakang. Jangan seorang pun di antara kamu menoleh ke belakang dan teruskanlah perjalanan ke tempat yang diperintahkan kepadamu.” (QS Al-Hijr 65)
 
Azab kepada kaum Sodom dijelaskan Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al Qamar ayat 33-39 yang mana berbunyi:
 
كَذَّبَتْ قَوْمُ لُوْطٍ ۢبِالنُّذُرِ اِنَّآ اَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ حَاصِبًا اِلَّآ اٰلَ لُوْطٍ ۗنَجَّيْنٰهُمْ بِسَحَرٍۙ نِّعْمَةً مِّنْ عِنْدِنَاۗ كَذٰلِكَ نَجْزِيْ مَنْ شَكَرَ وَلَقَدْ اَنْذَرَهُمْ بَطْشَتَنَا فَتَمَارَوْا بِالنُّذُرِ وَلَقَدْ رَاوَدُوْهُ عَنْ ضَيْفِهٖ فَطَمَسْنَآ اَعْيُنَهُمْ فَذُوْقُوْا عَذَابِيْ وَنُذُرِ وَلَقَدْ صَبَّحَهُمْ بُكْرَةً عَذَابٌ مُّسْتَقِرٌّۚ فَذُوْقُوْا عَذَابِيْ وَنُذُرِ
 
Artinya: 
"Kaum Luth pun telah mendustakan ancaman-ancaman (Nabinya). Sesungguhnya, Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang membawa batu-batu (yang menimpa mereka), kecuali keluarga Luth. Kami selamatkan sebelum fajar menyingsing. 
Sebagai nikmat dari kami. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. Dan, sesungguhnya dia (Luth) telah memperingatkan mereka akan azab-azab Kami. 
Maka, mereka mendustakan ancaman-ancaman itu. Dan, sesungguhnya mereka telah membujuknya (agar menyerahkan) tamunya (kepada mereka), lalu Kami butakan mata mereka. Maka, rasakanlah azab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku. Dan, sesungguhnya pada esok harinya, mereka ditimpa azab yang kekal. Maka, rasakanlah azab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku," (QS Al-Qamar: 33-39)
 
Itulah kisah Walihah istri Nabi Luth AS yang ikut ingkar dan durhaka bahkan mengkhianati Nabi Luth AS dan ikut mendapatkan Azab dari Allah SWT. (djl)

Sumber: