Listrik Padam Wawancara PPS Tertunda

Listrik Padam Wawancara PPS Tertunda

Penundaan Seleksi PPS di KPU Seluma--

PASAR TAIS, radarseluma.disway.id - Tahapan seleksi wawancara Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma, kemarin (22/5) ditunda lantaran listrik padam dan minim penerangan. Salah satu peserta yang meminta namanya untuk tidak disebutkan mengaku kecewa. Karena mereka datang dari Kecamatan Semidang Alas Maras dan Semidang Alas. Akibat hal ini mereka harus pulang malam hari padahal jarak tempuhnya jauh. 

 

Rudi Julianto Sekretaris KPU Seluma saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Menurutnya pihak KPU sudah bersurat ke PLN agar dalam proses wawancara ini tidak terjadi pemadaman listrik. "Untuk wawancara kita tunda dulu sementara waktu karena listrik padam. Kita sudah konfirmasi ke PLN. Penyebab listrik padam ini karena ada pohon tumbang," jelasnya. 

 

Sementara itu seperti yang dikabarkan sebelumnya sebanyak 1.022 peserta yang lulus seleksi Computer Assisted Test (CAT) PPS Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Seluma 2024 mengikuti tahap seleksi wawancara yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma pada 21-23 Mei atau selama tiga hari. Kegiatan itu dilaksanakan di Sekretariat KPU Seluma mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. 

 

Pada hari pertama ada sebanyak 354 orang peserta yang diwawancara. Meliputi dari Kecamatan Air Periukan, Ilir Talo, Lubuk Sandi, Seluma Barat, dan Seluma Selatan. Dilanjutkan pada tanggal 22 Mei dari Kecamatan Seluma Timur, Seluma Utara, Semidang Alas, Semidang Alas Maras, dan Seluma dengan jumlah peserta sebanyak 353 orang. Dan hari terakhir wawancara pada tanggal 23 Mei jadwalnya Kecamatan Sukaraja, Talo Kecil, Ulu Talo, dan Talo dengan peserta sebanyak 315 orang. "Calon Anggota PPS yang hari ini (kemarin) mengikuti seleksi wawancara ada sebanyak 354 orang dari lima kecamatan," kata Ketua KPU Seluma Henri Arianda, SP, kemarin. 

BACA JUGA: BioLytical Laboratories Inc. Luncurkan Tes Antibodi HCV INSTI® di Australia

BACA JUGA: NEON Jepang Gelar Pertunjukan Perdana Ramses dan Emas Para Firaun di Asia di Tokyo

Sesuai kebutuhan KPU jumlah peserta yang akan ditetapkan sebagai PPS pada Pilkada 2024 Kabupaten Seluma sebanyak 606 orang. Setiap desa terdiri dari tiga orang anggota PPS dan akan dibantu oleh sekretariat. "Hasil CAT kita ambil enam besar. Tahapan wawancara ini nanti kita menentukan perangkingan. Nomor satu, dua, dan tiga akan dilantik menjadi PPS. Sedangkan nomor empat, lima, dan enam akan menjadi cadangan Pergantian Antar Waktu (PAW)," sambung Henri. 

 

Diharapankan Henri anggota PPS nanti yang terpilih mampu menjaga integritas dan loyalitas dalam menjalankan tugas.

 

Seperti yang dikabarkan sebelumnya sebanyak 1.230 PPS melaksanakan seleksi tes tertulis dengan metode CAT di SMK Negeri 3 Seluma, SMAN 1 Seluma, dan SMAN 5 Seluma. 

Sumber: