Konsorsium IMF-UNHAN-Nusantics Siap Ciptakan Vaksin HPV Karya Anak Bangsa

Konsorsium IMF-UNHAN-Nusantics Siap Ciptakan Vaksin HPV Karya Anak Bangsa

Indonesia Maju Foundation (IMF), Universitas Pertahanan (UNHAN) dan PT Nusantara Riset Genetika (NUSANTICS) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan Nota Kesepakatan (MoA) dalam kerja sama Penelitian dan Hilirisasi.--

 

 

BOGOR, INDONESIA, Radarseluma.Disway.Id,  Universitas Pertahanan (UNHAN), INDONESIA Maju Foundation (IMF) dan PT Nusantara Riset Genetika (Nusantics) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan Nota Kesepakatan (MoA) dalam kerjasama pembentukan Konsorsium Riset & Pengembangan dan Hilirisasi. Penandatanganan yang dilaksanakan pada Kamis, 16 Mei 2024 di Ruang Rapat Rektorat, Universitas Pertahanan tersebut dilakukan oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Kelembagaan, Inovasi dan Teknologi, Mayjen TNI Dr. Ir. Susilo Adi Purwantoro, S.E., M.Eng.,Sc., CIQnR., CIQaR., IPU., CIPA., ASEAN Eng. dan Muhamad Erfan Apriyanto, Direktur Eksekutif INDONESIA Maju Foundation serta Revata Utama, Direktur Utama Nusantics.

 

BACA JUGA:Honda Brio Satya E Mobil Sporty Desain yang Lebih Kecil Kompak Nyaman Cocok Mobil Kantoran

BACA JUGA:Hewan Legendaris Bernama Bebeliak Sudah Jarang Terlihat Di Seluma..Berikut Fakta Mengejutkan Hewan Satu Ini!

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Susilo Adi yang mewakili Rektor UNHAN menyebutkan bahwa kerjasama ini membuka peluang kolaborasi yang baik antara ketiga pihak, UNHAN, IMF dan Nusantics. “Kami sangat terbuka untuk melakukan kolaborasi multipihak ini dalam konteks penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan MoU sekaligus MoA ini menjadi bukti nyata dari komitmen kerjasama untuk menciptakan dampak positif yang konkrit bagi pembangunan infrastruktuf dan pengembangan sumber daya manusia khususnya di lingkup ilmu kedokteran dan kesehatan,” ujar Mayjen TNI Susilo Adi.

 

Diketahui, kerjasama ini melibatkan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNHAN yang MoA tersebut ditandatangani oleh Dekan FKIK UNHAN, Mayjend. Dr.dr. Prihati Pujowaskito, Sp.JP, FIHA. MMARS., yang menegaskan hal yang sama. ”Hari yang baik ini menjadi penanda atas tindak lanjut Letter of Intent yang sebelumnya kami tandatangani pada 28 Maret 2024 lalu yang akan diharapkan akan segera membawa buah manis bagi ketiga pihak untuk saling menguatkan sinergi di lingkup kesehatan, utamanya Kanker Leher Rahim atau Kanker Serviks,” lanjut Mayjen Pujowaskito.

 

Kerjasama yang dijalankan dalam konsorium riset ini akan mencakup setidaknya tiga hal inti, yakni pembanguan Medical Biodefense Research Center (MBRC) BSL-3 yang akan dikembangkan IMF dan UNHAN, lalu paralel dengan skrining terhadap lima juta orang yang akan dites dengan reagen dan test-kits produksi Nusantics, dari hasil rujukan tes yang akan memperlihatkan varian virus HPV yang banyak diidap akan menjadi rujukan dalam purwarupa Vaksin HPV yang sesuai dengan data genetik masyarakat Indonesia, dalam hal yang lebih luas: DNA Asia. Kerjasama ini akan berlangsung hingga lima tahun kedepan, atau terminasi pada September 2029 mendatang.

 

BACA JUGA:Admin Higgs Domino Ditangkap, Apakah Higgs Domino Global Juga Tutup?

Kendati tiga pokok inti kerjasama ini berbicara hilirisasi, ini tak menutup pada potensi kerjasama lainnya seperti program magang (co-ass) dan penelitian dalam bidang ilmu kesehatan lainnya seperti Malaria, Tuberculosis, HIV/AIDS serta kesehatan masyarakat lainnya yang masuk dalam kajian Social and Behaviour Changes. Hal ini akan menjadi langkah awal yang baik bagi lulusan Ilmu Kedokteran angkatan pertama di FKIK UNHAN ini agar lebih kompetitif dan berdaya saing,

Sumber: