Salah Satu Mukjizat Nabi Ibrahim AS Allah Selamatkan Ketika Dibakar Raja Namrud Hidup-Hidup

Salah Satu Mukjizat Nabi Ibrahim AS Allah Selamatkan Ketika Dibakar Raja Namrud Hidup-Hidup

Kajian Islam. Kisah Mukjizat Nabi Ibrahim terbebas kobaran api --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Setiap Nabi dan Rasul memiliki Mukjizat yang berbeda-beda yang Allah turunkan sesuai dengan kebutuhan Nabi dan Rasul pada saat ia berdakwah kepada umatnya untuk menyampaikan risalah kebenaran dan bertauhid kepada Allah SWT.
Salah satunya Mukjizat yang Allah SWT berikan kepada Nabi Ibrahim AS yaitu selamat dari kobaran api yang dipersiapkan Raja Namrud untuk membakar Nabi Ibrahim AS hidup-hidup oleh tentara Raja Namrud. 
Raja Namrud merupakan Sosok penghalang terbesar dakwah Nabi Ibrahim AS lantaran kekuasaan dan kekayaannya.
 
Sementara Nabi Ibrahim AS adalah sosok lelaki kuat dan tangguh, Nabi Ibrahim AS heran dan khawatir terhadap umatnya yang menyembah berhala-berhala yang mana berhala-berhala tersebut mereka buat sendiri lalu mereka sembah.
 
 
Maka Nabi Ibrahim AS senantiasa berdakwah untuk mengajak umatnya meninggalkan berhala-berhala tersebut dan menyembah Allah SWT Tuhan yang Maha Esa 
 
Nabi Ibrahim AS yang awal mula perjalanan spiritual yang panjang dalam mencari Tuhan yang Maha Esa, hingga akhirnya menemukan bahwa Tuhan para manusia adalah Allah SWT. 
 
 
Karena itu, ia lantas mengabarkan kepada umatnya untuk menyembah Allah SWT dan meninggalkan berhala-berhala tersebut.
 
Sehingga suatu hari Nabi Ibrahim AS menghancurkan seluruh berhala-berhala kecuali berhala yang paling besar dengan mengalungkan sebuah palu di leher berhala itu sehingga membuat Raja Namrud marah melihat berhala-berhala yang mereka sembah hancur lebur tanpa tersisa kecuali patung yang paling besar.
 
Dalam hal penghancuran berhala-berhala tersebut Nabi Ibrahim AS di anggap yang paling bertanggung jawab sehingga Nabi Ibrahim AS di panggil kemudian diadili.
 
 
Saat di interogasi Nabi Ibrahim AS atas tragedi hancurnya berhala-berhala maka Nabi Ibrahim AS menjawab dengan tegas namun mengritik secara tidak langsung Raja Namrud bahwa patung terbesar lah yang menghancurkan berhala-berhala tersebut
 
"Sebenarnya patung terbesar itulah yang melakukan hal ini, cobalah tanyakan kepada benda itu jika memang dapat berbicara," kata Nabi Ibrahim.
 
Dari jawaban Nabi Ibrahim AS tersebut Nabi Ibrahim AS ingin memberikan kesadaran kepada umatnya bahwa apa yang mereka sembah sesungguhnya adalah benda mati yang tidak bisa berbuat apa-apa. 
Mendengar hal tersebut sebagian dari umatnya mulai tersadar, lalu dengan kepala tertunduk, mereka berkata: 
 
"Sesungguhnya kamu telah menyadari bahwa berhala-berhala itu memang tidak dapat berbicara." 
Ibrahim berkata: "lalu mengapa kalian menyembah kepada yang selain Allah?”.
 
 
Mendengar pernyataan Nabi Ibrahim AS para pengikutnya tersadar dan terpikir oleh mereka tuhan yang selama ini disembah tidak dapat melihat, mendengar, dan bergerak lalu mereka mulai beriman kepada Nabi Ibrahim AS dan Allah SWT.
 
Akan tetapi di sisi lain hal tersebut mulai  membuat Raja Namrud menjadi semakin murka dan terancam sebab pengikutnya mulai percaya kepada Nabi Ibrahim AS dan meninggalkan Raja Namrud. 
 
Mendengar perkataan Nabi Ibrahim AS yang mampu memengaruhi sebagian masyarakat, Raja Namrud menjatuhkan hukuman dengan membakar Nabi Ibrahim AS secara hidup-hidup. 
Tentu saja ini adalah bentuk hukuman bagi Nabi Ibrahim AS atas kekuasaan yang di miliki oleh Raja Namrud sangat berkuasa dan tidak ingin kekuasaannya tersaingi.
 

Kajian Islam. Mukjizat Nabi Ibrahim AS 
 
Kisah Nabi Ibrahim AS di bakar hidup-hidup oleh Raja Namrud Allah SWT abadikan dalam Al-Qur'an Surat Al Anbiya ayat 68 berbunyi:
 
قَالُوْا حَرِّقُوْهُ وَانْصُرُوْٓا اٰلِهَتَكُمْ اِنْ كُنْتُمْ فٰعِلِيْنَ ٦٨
 
Artinya:
"Mereka berkata 'Bakarlah Dia dan bantulah Tuhan-Tuhan kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak'." (QS. Al-Anbiya': 68).
 
Dalam Surat lain Allah SWT juga berfirman dalam Al-Qalam Surat As-Saffat ayat 97-98 yang berbunyi: 
 
قَالُوا۟ ٱبْنُوا۟ لَهُۥ بُنْيَٰنًا فَأَلْقُوهُ فِى ٱلْجَحِيمِ
 
فَأَرَادُوا۟ بِهِۦ كَيْدًا فَجَعَلْنَٰهُمُ ٱلْأَسْفَلِينَ
 
Artinya:
"Mereka berkata 'Dirikanlah suatu bangunan untuk (membakar) Ibrahim; lalu lemparkanlah dia ke dalam api yang menyala-nyala itu.' Mereka hendak melakukan tipu muslihat kepadanya, Maka Kami jadikan mereka orang-orang yang hina'," (QS. As-Saffat: 97-98).
 
Dilanjutkan Surat Al-Ankabut ayat 24 kembali Allah SWT berfirman yang berbunyi: 
 
فَمَا كَانَ جَوَابَ قَوْمِهٖٓ اِلَّآ اَنْ قَالُوا اقْتُلُوْهُ اَوْ حَرِّقُوْهُ فَاَنْجٰىهُ اللّٰهُ مِنَ النَّارِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ
 
Artinya:
"Maka tidak adalah jawaban kaum Ibrahim, selain mengatakan' Bunuhlah atau bakar lah dia', lalu Allah menyelamatkannya dari api. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang beriman," (QS. Al-Ankabut: 24).
 
Saat Nabi Ibrahim AS dalam kobaran Api Lalu Raja Namrud dengan angkuh berkata kepada rakyatnya, hal ini akan menjadi bukti, siapa raja dan dewa di muka bumi ini, serta siapa yang manusia biasa.
 
 
Salah Satu Mukjizat Nabi Ibrahim AS Allah Selamatkan Ketika Dibakar Raja Namrud Hidup-Hidup
 
"Kalian akan menyaksikan pada hari ini bahwa orang itu dilenyapkan di perapian akibat berani menyatakan bahwa kelak Tuhannya membakar kaum kita; maka biarlah Tuhannya yang menyelamatkan orang itu, sementara akulah dewa yang menyelamatkan kalian, bukan orang itu!," ucap Namrud.
 
Namum apa yang terjadi saat Raja Namrud membakar Nabi Ibrahim AS dalam kobaran Api justru Nabi Ibrahim AS kedinginan dan selamat atas Mukjizat yang Allah SWT berikan kepada Nabi Ibrahim AS sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Al-Bukhari Anbiya ayat 69-72 berbunyi: 
 
قُلْنَا يَا نَارُ كُوْنِيْ بَرْدًا وَّسَلٰمًا عَلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ ۙ
 
وَاَرَادُوۡا بِهٖ كَيۡدًا فَجَعَلۡنٰهُمُ الۡاَخۡسَرِيۡنَ‌ۚ
 
وَنَجَّيۡنٰهُ وَلُوۡطًا اِلَى الۡاَرۡضِ الَّتِىۡ بٰرَكۡنَا فِيۡهَا لِلۡعٰلَمِيۡنَ‏
 
Artinya:
"Kami (Allah) berfirman, Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!
Dan mereka hendak berbuat jahat terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan mereka itu orang-orang yang paling rugi
Dan Kami selamatkan dia (Ibrahim) dan Luth ke sebuah Negeri yang telah Kami berkahi untuk seluruh alam ( QS Al- Anbiya 69-71)
 
Demikian lah salah satu Mukjizat Nabi Ibrahim AS yang dapat menyelamatkan Nabi Ibrahim AS dari kobaran Api sehingga atas Mukjizat Nabi Ibrahim AS yang di berikan oleh Allah SWT kepada Nabi Ibrahim membuat banyak umat nya beriman kepada Allah SWT dan Raja Namrud di permalukan secara besar-besaran atas peristiwa tersebut namun hal tersebut bukan membuat Raja Namrud beriman kepada Allah SWT namun tetap dengan pendiriannya dan keangkuhan nya. (djl)

Sumber: