Dinkes BS Memanusiakan ODGJ, Sambangi ODGJ Berikan Penanganan Kesehatan

 Dinkes BS Memanusiakan ODGJ,  Sambangi ODGJ Berikan Penanganan Kesehatan

Kepala Dinkes BS, Didi Ruslan memberi arahan terkait penanganan gangguan jiwa di BS--

 

BENGKULU SELATAN, Radarseluma.Disway.Id,  - Kepala Dinas Kesehatan, Didi Ruslan,SKM.,M.Si bersama Kepala Puskesmas Kedurang, dan Kepala Desa Lubuk Resam Kecamatan Kedurang melaksanakan kunjungan kepada Pasien ODGJ baru di Desa Lubuk Resam, Kedurang.

 

"Hadir mengujungi Pasien ODGJ tidak lain adalah untuk memberikan penanganan yang baik. Terlebih bebas pasung,"ungkap Didi Ruslan.

 

BACA JUGA:19 Ranmor Terjaring Razia Gabungan Satlantas Polres Seluma

BACA JUGA:Sekda Bengkulu Selatan, Panen Cabai Merah di Halaman Kantor Bupati

Dikatakan Didi,  memanusiakan Orang Dengan Gangguan Jiwa melalui transisi layanan kesehatan jiwa yang berfokus pada promotif dan preventif. Hal ini diwujudkan dalam layanan kesehatan jiwa berbasis masyarakat.

 

"Tidak heran ODGJ kerap kali mendapatkan tindakan diskriminatif. Dengan berkembangnya ilmu dan teknologi, bahwa pasien dengan masalah jiwa berhak mendapatkan layanan terapi medis yang tepat dan dukungan sosial dari lingkungan sekitar. Melalui pilot project ini, layanan penanganan kesehatan jiwa didekatkan kepada masyarakat dan meminimalisir rawat inap di rumah sakit. Agar pasien segera pulih.

 

"Keterlibatan peran keluarga dan dukungan lingkungan sekitar untuk memberikan layanan humanis tanpa adanya tindakan-tindakan diskriminatif sangat dibutuhkan. Maka dari itu, bergandengan tangan sangat diharapkan dalam penanganan ODGJ,"pungkas Didi.

 

Ia menyadari bahwa kita hadir untuk ODGJ agar dirinya tidak merasa diasingkan dari lingkungan sosial masyarakat.

Sumber: