Mukjizat Nabi Idris AS Salah Satunya Menjadi Arsitektur Pertama Dunia

Mukjizat Nabi Idris AS Salah Satunya Menjadi Arsitektur Pertama Dunia

Kajian Islam. Mukjizat Nabi Idris AS Orang pertama Pandai membaca tulisan dan ahli Arsitektur kota pertama --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Nabi Idris AS adalah keturunan keenam Nabi Adam AS putra dari Qabil dan Iqlima dan Nabi kedua dari 25 Nabi dan Rasul yang di yakini umat Islam dalam sejarah Islam yang wajib imani. Nabi Idris AS bersahabat baik dengan Malaikat Izroil sehingga ia di perlihatkan Neraka dan Surga atas izin Allah SWT dan ketika mau pulang ke Bumi sandal Nabi Idris AS tinggal di Surga sehingga ia kembali dan Nabi Idris AS akhirnya tidak mau kembali ke Bumi dan menetap di Surga hingga saat ini hal tersebut berawal dari cerita Nabi Idris AS juga meminta untuk ditunjukkan surga dan Neraka dan diizinkan oleh Allah SWT. Beliau sangat terkejut ketika melihat Neraka yang sangat menyeramkan itu. Sebaliknya, ketika di Surga ia menunjukkan rasa kekaguman yang sangat besar, sebab, ia bisa melihat sungai-sungai yang mengalirkan air jernih, pohon-pohon rindang, buah-buah yang lezat, serta pemandangan indah lainnya.
 
Berkali-kali dirinya mengucapkan, "Subhanallah, subhanallah, subhanallah," dan juga menunjukkan rasa syukurnya terhadap apa yang dirasakannya dan dilihatnya sambil terus berucap, "Alhamdulillah, alhamdulillah,"
 
 
Saat sudah waktunya keluar Surga, Nabi Idris AS teringat bahwa sandalnya masih tertinggal di dalam Surga, beberapa sumber menyebutkan sandal Nabi Idris AS berada di bawah pohon yang rindang. Lalu dirinya masuk lagi untuk mengambilnya, selang beberapa saat, Malaikat Izrail kebingungan karena Nabi Idris AS tidak segera keluar dari sana. Ternyata, Nabi Idris AS tidak ingin meninggalkan surga Allah SWT tersebut dan ingin tetap berada di sana.
 
Atas izin Allah SWT, akhirnya Nabi Idris AS diperbolehkan oleh Allah SWT untuk tetap tinggal di Surga keempat tanpa menunggu datangnya hari kiamat. Sejumlah riwayat menyebutkan bahwa Nabi Idris AS dicabut nyawanya oleh Malaikat Izrail di langit keempat. 
 
Nabi Idris AS sama hal dengan Nabi-nabi lain memiliki Mukjizat begitu juga dengan Nabi Idris AS juga memiliki beberapa Mukjizat yang di milikinya
 
 
Pertama: Memiliki Martabak yang Tinggi
 
Sebagai Nabi pilihan Allah SWT Nabi Idris AS memiliki ke Salihan yang tinggi memiliki Martabat dan derajat yang tinggi di sisi Allah SWT sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Maryam ayat 56-57 yang berbunyi:
 
وَٱذْكُرْ فِى ٱلْكِتَٰبِ إِدْرِيسَ ۚ إِنَّهُۥ كَانَ صِدِّيقًا نَّبِيًّا وَرَفَعْنَٰهُ مَكَانًا عَلِيًّا
Artinya:
“Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi. Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.” (QS. Maryam: 56-57)
 

Kajian Islam. Mukjizat Nabi Idris AS bisa melihat Surga dan Neraka 
 
Kedua: Orang Pertama yang berpikir Astrologi dan ahli Arsitektur kota pertama
 
Nabi Idris AS merupakan seorang Nabi yang cerdas dan memiliki ilmu pengetahuan yang luas sehingga atas Mukjizat yang di berikan Allah SWT Nabi Idris AS juga orang yang pertama menemukan pemikiran ilmu Falaq (perbintangan) atau Astrologi (ilmu tentang bintang dan perjalanannya). 
Bahkan beliau juga sangat rajin mengkaji fenomena alam semesta yang semuanya itu merupakan tanda kekuasaan Allah SWT. 
Selain itu, Nabi Idris AS juga dikenal sebagai orang pertama yang mengajarkan ilmu politik, peradaban dan menetapkan rancangan pembangunan kota sehingga pada masa itu Kota yang dipimpin Nabi Idris AS menjadi menarik dan tertata
 
Ketiga: Nabi Idris AS Orang pertama yang dapat menulis dan membaca
 
Nabi Idris AS atas Mukjizat yang di berikan oleh Allah SWT menjadi orang pertama yang pandai membaca dan menulis dengan pena, bahkan Nabi Idris AS menjadi seorang guru yang mengajarkan menulis dan membaca kepada umatnya sehingga umat Nabi Idris AS juga pandai membaca dan menulis
 
 
Keempat: Nabi Idris AS yang menerima 30 shahifah
 
Allah SWT menurunkan 30 shahifah (lembaran) kepada Nabi Idris AS yang berisikan firman-firman Allah SWT untuk disampaikan kepada Nabi Idris AS, 
Adapun isi di dalam lembaran (shahifah) Nabi Idris adalah sebagai berikut
 
Allah berfirman, “Berbahagialah suatu kaum yang beribadah kepada-Ku dengan cinta, dan mengambil-Ku sebagai Tuhan Sembahan (Ilah), dan Tuhan Pengatur (Rabb), berjaga malam untuk melakukan shalat, dan bekerja sungguh-sungguh di siang hari demi mengharapkan Wajah-Ku, bukan karena rasa takut dan harap, bukan karena Nereka atau Surga, tetapi karena cinta yang sesungguhnya…” (Bihar Al-Anwar 95: 467)
 
Itulah beberapa Mukjizat Nabi Idris AS yang Allah SWT turunkan kepada Nabi Idris AS sebagai kebesaran Allah SWT selain itu ada satu Mukjizat lain yang dimiliki oleh Nabi Idris AS yaitu dapat melihat Neraka dan Surga atas izin Allah SWT. Demikianlah semoga menambah wawasan kita sehingga menebalkan keimanan dan kecintaan kita kepada Allah SWT Aamiin Allahumma Aamiin. (djl)

Sumber: