5 Mukjizat Nabi Adam AS, Manusia Pertama Ciptaan Allah SWT.

5 Mukjizat Nabi Adam AS, Manusia Pertama Ciptaan Allah SWT.

Kajian Islam. Kisah Nabi Adam AS --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Nabi Adam AS adalah Manusia pertama yang Allah SWT ciptakan dari Tanah dari bumi dan Surga yaitu Tanah Baitulmuqaddis, Mesir, Iraq, Iran, Perancis, Mekkah, Yaman, Arab Saudi, Telaga Al Kautsar, hingga Tanah Surga Firdaus, Allah juga menyempurnakan Nabi Adam dengan air tawar, air asin, air anyir, api, dan angin, serta memasukkan Nur yang merupakan sifat Allah ke dalam tubuhnya. Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS dari tanah sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat  Al-Hijr · Ayat 26 berbunyi:

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مِّنْ حَمَاٍ مَّسْنُوْنٍۚ ۝٢٦

Artinya: 

"Sungguh, Kami benar-benar telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang dibentuk" (QS Al - Hijr 26)

BACA JUGA:Kisah Nabi Adam AS, Manusia Pertama yang Allah Ciptakan Dari Tanah

Allah menciptakan Nabi Adam AS untuk menjadi Khalifah di muka bumi ini sehingga Allah SWT memberikan beberapa Mukjizat kepada Nabi Adam AS yang berbeda dengan para Nabi lain. Berikut beberapa Mukjizat Nabi Adam AS yang tercantum di dalam Al-Qur'an 


Kajian Islam. Mukjizat Nabi Adam AS

Pertama: Nabi Adam AS Khalifah Pertama Di Bumi

Allah SWT menciptakan Manusia di muka Bumi ini untuk menjadi Khalifah sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 30 berbunyi: 

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: "Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui" (QS. Al Baqarah: 30).

BACA JUGA:Propil 25 Nabi & Rasul Menurut Islam Berdasarkan Al-Qur'an. (Part 1)

Kedua: Memiliki Ilmu Pengetahuan Yang Tak Di Miliki Para Malaikat 

Mukjizat kedua yang di miliki oleh Nabi Adam AS yaitu ilmu pengetahuan yang tak di miliki oleh para Malaikat sehingga apa yang ada di alam semesta ini di ketahui semua oleh Nabi Adam AS sementara Makhluk yang lebih dahulu Allah SWT ciptakan sebelum Nabi Adam AS seperti Malaikat Iblis dan Jin sama sekali tidak memiliki ilmu pengetahuan seperti Nabi Adam AS.

Sebagaimana Allah SWT jelaskan dalam Al-Qur'an Surat Al Isra ayat 85 yang berbunyi:

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الرُّوْحِۗ قُلِ الرُّوْحُ مِنْ اَمْرِ رَبِّيْ وَمَآ اُوْتِيْتُمْ مِّنَ الْعِلْمِ اِلَّا قَلِيْلًا ۝٨٥

Artinya: 

"Mereka bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang roh. Katakanlah, “Roh itu termasuk urusan Tuhanku, sedangkan kamu tidak diberi pengetahuan kecuali hanya sedikit.” (QS Al Isra  85)

BACA JUGA:Propil 25 Nabi & Rasul Menurut Islam Berdasarkan Al-Qur'an (Part Dua)

Ketiga: Menjadi Penghuni Surga

Mukjizat Nabi Adam AS selanjutnya yaitu Nabi Adam berbeda dengan para Nabi dan Rasul lainnya Nabi Adam menjadi penghuni Surga sebelum Allah turunkan ke Bumi dan Allah SWT menciptakan Siti Hawa dari tulang rusuk sebelah kiri Nabi Adam AS untuk mendampingi dan melengkapi keperluan fitrahnya hidup nya sehingga Nabi Adam AS dan Siti Hawa mendapat keturunan.                  Allah pun berpesan kepada Nabi Adam AS untuk tinggal di Surga bersama istrinya, dan merasakan kenikmatan yang berlimpah.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 35 berbunyi:

وَقُلْنَا يٰٓاٰدَمُ اسْكُنْ اَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَكُلَا مِنْهَا رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَاۖ وَلَا تَقْرَبَا هٰذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُوْنَا مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۝٣٥

Artinya: 

Kami berfirman, “Wahai Adam, tinggallah engkau dan istrimu di dalam surga, makanlah dengan nikmat (berbagai makanan) yang ada di sana sesukamu, dan janganlah kamu dekati pohon ini, sehingga kamu termasuk orang-orang zalim!” ( QS Al Baqarah 35) 

BACA JUGA:Propil 25 Nabi & Rasul Menurut Islam Berdasarkan Al-Qur'an ( Part Tiga)

Keempat: Memiliki Postur Tubuh Tinggi hingga 30 Meter

Allah SWT memberikan Mukjizat kepada Nabi Adam AS memiliki Postur tubuh yang tinggi yang luar biasa hingga 60 Dzira atau sekitar 30 meter, Informasi mengenai tinggi badan Nabi Adam AS sendiri sebetulnya telah diungkap oleh Rasulullah SAW dalam Hadits dikisahkan dari Abu Hurairah RA yang berbunyi: 

خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ وَطُولُهُ سِتُّونَ ذِرَاعًا، ثُمَّ قَالَ: اذْهَبْ فَسَلِّمْ عَلَى أُولَئِكَ مِنْ الْمَلاَئِكَةِ، فَاسْتَمِعْ مَا يُحَيُّونَكَ تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ ذُرِّيَّتِكَ. فَقَالَ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ. فَقَالُوا: السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ. فَزَادُوهُ: وَرَحْمَةُ اللَّهِ. فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ آدَمَ، فَلَمْ يَزَلْ الْخَلْقُ يَنْقُصُ حَتَّى الآنَ

Artinya: 

"Allah telah menciptakan Adam AS berdasarkan bentukNya, tingginya 60 hasta. Kemudian (Allah) berfirman, "Pergilah dan memberi salamlah kepada para malaikat itu, dan dengarkanlah mereka memberi hormat kepadamu. Itulah kehormatanmu dan keturunanmu.  Lalu, (Adam) mengucapkan, "Assalamualaikum," maka, (para malaikat) mengucapkan, "Assalamualaika wa rahmatullah," (para malaikat) menambahkan 'warrahmatullahi,                                  Maka, setiap orang yang masuk surga serupa dengan Adam (dalam hal perawakan/postur dan gambaran), dan manusia itu senantiasa bertambah kecil sampai sekarang," (HR Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

BACA JUGA:Propil 25 Nabi & Rasul Menurut Islam Berdasarkan Al-Qur'an (Tamat)

Kelima: Khalifah Pertama Melakukan Perjalanan Antardimensi

Nabi Adam AS dan Siti Hawa merupakan Manusia pertama ciptaan Allah yang melakukan perjalanan antar planet serta antar dimensi.

Mukjizat Nabi Adam yang bisa pergi ke banyak tempat ini didukung oleh kendaraan dari Jannah, lalu Allah pun mengirimnya ke Planet Bumi.

Saat tiba di bumi, Nabi Adam dan Siti Hawa sempat terpisah cukup lama. Allah pun memberi kuasa dan keduanya kembali bertemu di Padang Arafah, dekat Kota Mekkah. Setelah bertemu mereka bersama dan memiliki keturunan secara kembar hingga ini keturunan turun - temurun hingga saat.

Demikianlah setidaknya 5 Mukjizat Nabi Adam AS yang Redaksi sajikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. (djl) 

Sumber: