Tips Sehat dan Aman Supaya Tetap Bisa Menjalankan Ibadah Puasa Selama Perjalanan Mudik ke Kampung

Tips Sehat dan Aman Supaya Tetap Bisa Menjalankan Ibadah Puasa Selama Perjalanan Mudik ke Kampung

Beberapa Tips Sehat dan Aman Agar Bisa Tetap Menjalankan Puasa Walaupun dalam Perjalanan Jauh --

 

Radar Seluma.disway.id - Memang sebagai seorang musafir dalam perjalanan yang menempuh jarak yang sangat jauh seorang muslim sudah tidak lagi diwajibkan berpuasa. Akan tetapi barang siapa yang tetap berniat baik untuk melanjutkan ibadah puasa meskipun sedang dalam perjalanan jauh, maka sudah pasti pahalanya akan dilipat gandakan. Nah sekarang bagaimana cara yang bisa dilakukan bagi seorang muslim yang tetap ingin berpuasa saat dalam perjalanan jauh? 

 

Berikut tips sehat dan aman agar puasa tidak batal meskipun sedang dalam perjalanan jauh.

1. Persiapan Fisik Sebelum Berangkat

Pastikan kondisi fisik Anda dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan jauh selama puasa. Mulailah dengan memeriksa kesehatan tubuh dan meningkatkan stamina Anda jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin C dan zinc saat sahur.

Selain itu, hindari menyetir saat mengantuk dan pastikan Anda mendapatkan cukup waktu tidur selama 7-8 jam setiap malam beberapa hari sebelum melakukan perjalanan jauh.

BACA JUGA:Spesifikasi Ferrari 458 Produk Italia , Mobil Balap Nomor 1 di Dunia Unitnya Terbatas Pemilik Mobil Hanya Sult

BACA JUGA:Mengintip Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2024 dan Review Lengkapnya Tercanggih dan Termurah

2. Makan Sahur yang Cukup dan Bergizi

Sebelum melakukan perjalanan jauh selama puasa, pastikan Anda telah mendapatkan asupan gizi yang cukup dengan mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka. Anda juga dapat mengonsumsi multivitamin yang dapat membantu menjaga stamina Anda selama perjalanan. Jangan lupa vitamin juga akan membantu menjaga tubuh tetap segar selama bepergian.

 

3. Perhatikan Asupan Cairan

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan cukup minum air putih. Hal ini penting untuk mencegah dehidrasi selama melakukan perjalanan jauh. Pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan air minimal 1,5 hingga 2,5 liter atau setara dengan 6-8 gelas setiap harinya. Tak lupa untuk mmencukupi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka.

Sumber: