Sudah 21 Desa di Seluma Direkomendasikan PMD ke BKD Seluma

Sudah 21 Desa di Seluma Direkomendasikan PMD ke BKD Seluma

PMD Seluma--

 

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma,disway,id - Dari 182 desa di Kabupaten Seluma. Saat ini sebanyak 21 desa sudah mencairkan dana desa (DD) tahap pertama. Sedangkan selebihnya masih dalam proses. Serta usulan pengajuan masih ditunggu oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Seluma. 

 

Kepala DPMD Kabupaten Seluma, Nopetri Elmanto mengatakan jika usulan dari desa sudah memenuhi syarat. Termasuk salah satunya sudah menyelesaikan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2024. Maka akan segera diverifikasi dan langsung direkomendasikan ke Badan Keuangan Daerah (BKD). 

BACA JUGA: Utang Minyak Goreng Pemerintah ke Pengusaha Capai Rp. 474,8 M, Luhut Sebut Memalukan!

BACA JUGA:Bulan Puasa, Disdukcapil BS Tetap Maksimalkan Pelayanan

"Sampai saat ini baru 21 desa yang sudah mencairkan DD tahap pertama. Sedangkan sisanya masih dalam proses. Sehingga untuk desa yang belum mengajukan, kami minta agar segera mengajukan. Sehingga bisa segera diproses. Agar pembangunan di desa bisa terus berjalan," tegas Kepala DPMD Seluma kemarin. 

 

Sementara itu untuk DD sendiri akan dicairkan dalam dua tahap. Yakni tahap pertama 40 persen serta tahap kedua 60 persen. Sedangkan untuk alokasi dana desa (ADD) akan dicairkan dalam tiga tahap. Serta ADD digunakan untuk gaji kades dan perangkat. Serta operasional desa. "Kalau untuk DD digunakan untuk fisik pembangunan desa. Dicairkan dua tahap yakni 40 persen dan 60 persen. Sedangkan untuk ADD dicairkan dalam tiga tahap," pungkas Nopetri Elmanto.(adt)

 

Sumber: