Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga BI Rate, 6%

Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga BI Rate,  6%

Bank Mandiri Economic--

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Bank Indonesia mempertahankan suku bunga BI rate sebesar 6% pada Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia tanggal 19-20 Maret 2024.

Selain BI rate yang tetap, Bank Indonesia juga mempertahankan suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%. 

 

BACA JUGA:Program Spesial Bank Mandiri: Siapkan Dana KUR Rp 100 Juta, Segera Ajukan Sebelum Akhir Maret! Bunga Rendah

BACA JUGA:Unduh Higgs Domino Global di Platform Google, Tentukan Versi Terbaikmu!

 

Kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran tetap pro-growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

 

Bank Indonesia akan melakukan beberapa strategi dalam melaksanakan kebijakan pro-growth yang meliputi: (a) menjaga stabilitas nilai rupiah melalui 3 intervensi yakni intervensi di pasar valas pada transaksi spot, Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF), dan Surat Berharga Negara (SBN) di pasar sekunder; (b) penguatan strategi operasi moneter yang pro-market untuk efektivitas kebijakan moneter, termasuk optimalisasi Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI), Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI), dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUVBI); (c) perluasan pendalaman pasar uang dan pasar valas melalui peningkatan volume dan jumlah pelaku transaksi repurchase agreement (repo); (d) penguatan kebijakan transparansi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) dengan pendalaman suku bunga kredit berdasarkan sektor ekonomi; dan (e) penguatan aspek pelindungan konsumen dalam inovasi produk melalui kampanye literasi digital, termasuk melalui QRIS Jelajah Indonesia dan perluasan QRIS antarnegara.

 

Pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan akan tetap kuat meski dipengaruhi oleh ketidakpastian ekonomi global.

Ekonomi global diperkirakan tumbuh melambat pada 2024 menjadi 3% dari tahun sebelumnya yang diperkirakan sebesar 3,1%. Risiko perlambatan ekonomi terutama terjadi di China, Jepang dan UK. Lebih jauh, Bank Sentral AS (The Fed) juga mempertahankan Fed Funds Rate sebesar 5,25% - 5,50% pada FOMC meeting tanggal 21 Maret 2024. 

 

Sumber: