Sejarah Tentang Tradisi Pacu Jalur Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau, Indonesia

Sejarah Tentang Tradisi Pacu Jalur Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau, Indonesia

Perlombaan Pacu Jalur Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau, Indonesia--

 

 

Radar Seluma,disway,id - Pacu Jalur adalah sebuah tradisi dan perlombaan dayung yang menjadi kebanggaan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, Indonesia.Dengan menggunakan perahu-perahu kayu tanpa sambungan yang disebut jalur, Pacu Jalur telah menjadi salah satu festival budaya terbaik di Indonesia, Terutama Di Kab Kuansing .

 

Sejarah dan Makna Pacu Jalur Riau. Pacu Jalur sendiri pasti memiliki Sejarah dan Makna nya 

Pacu Jalur akan diadakan sebagai bagian dari perayaan hari besar Islam dan juga untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap tahun, acara ini diadakan sekitar bulan Agustus dan berhasil menarik perhatian wisatawan dengan jumlah kunjungan mencapai 1,3 juta orang pada tahun 2022.

 

Tradisi Pacu Jalur Riau memiliki akar sejarah yang panjang. Menurut legenda, Pacu Jalur Riau bermula dari perjuangan sekelompok nelayan yang menggunakan perahu jalur untuk melawan penjajah Belanda pada abad ke-19. Perahu jalur menjadi simbol perlawanan dan persatuan masyarakat Kuansing terhadap melawan para penjajah belanda.

 

Pacu Jalur Riau juga memiliki  makna dan filosofi yang dalam. Melalui perlombaan dayung ini, masyarakat Kabupaten Kuansing ingin mewujudkan kesejahteraan dan kebersamaan satu sama lain. Pacu Jalur Riau juga merupakan bagian dari agenda pariwisata Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Riau.

 

BACA JUGA:Higgs Domino RP X8 Speeder, Cara Download dan Instal! Dapatkan Disini

BACA JUGA:Link Download Higgs Domino Island Global v2.25 Terbaru!!!

 

Sumber: