Ini Ancaman Allah SWT Bagi Orang Yang Tidak Mau Bersedekah, Berikut Penjelasannya..!!

Ini Ancaman Allah SWT Bagi Orang Yang Tidak Mau Bersedekah, Berikut Penjelasannya..!!

Kajian Islam. Ancaman umat Muslim enggan bersedekah --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Harta benda yang kita miliki merupakan anugerah dari Allah SWT yang patut disyukuri salah satunya dengan cara berbagi atau bersedekah semata-mata mengharapkan ridho dari Allah SWT yaitu harus diiringi dengan keikhlasan.
Bagi umat muslim yang mampu namun tidak mau bersedekah, maka bersiap-siaplah akan mendapatkan kerugian baik di dunia lebih-lebih  lagi di akhirat kelak.
Bersedekah tidak harus dengan harta benda saja namun bisa dilakukan dengan cara lain.
 
Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa sedekah tidak mesti dengan materi sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:
 
الحَدِيْثُ السَّادِسُ وَالعِشْرُوْنَ
عَنْ أَبي هُرَيرةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( كُلُّ سُلامَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقةٌ ، كُلَّ يَوْمٍ تَطلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ : تَعدِلُ بَينَ الاِثْنَيْنِ صَدَقَةٌ ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ، فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا ، أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقةٌ ، والكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقةٌ ، وبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَمشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقةٌ ، وتُمِيْطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ  . رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ.
Artinya:
"Setiap persendian manusia mempunyai kewajiban bersedekah pada setiap hari ketika matahari terbit. 
Engkau berlaku adil antara dua orang adalah sedekah, engkau membantu seseorang dengan cara mengangkatnya naik ke atas kendaraannya atau engkau bantu angkat barang-barangnya ke atas kendaraan adalah sedekah. Kata-kata yang baik adalah sedekah, setiap langkah menuju shalat adalah sedekah, dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah." (HR. Bukhari).
 
Kerugian orang yang tak mau sedekah ada beberapa ancaman yang akan diterima oleh orang-orang yang enggan bersedekah. 
Kerugian dari orang-orang yang tidak mau bersedekah ini dijelaskan melalui beberapa hadits Rasulullah SAW.
 

Kajian Islam. Bersedekah merupakan anjuran Agama Islam --
 
Pertama:
Malaikat Mendoakan Keburukan
 
Bagi orang-orang yang enggan untuk bersedekah padahal ia mampu untuk bersedekah maka para Malaikat akan mendoakan keburukan kalau Malaikat sudah berdoa tentunya doa nya tidak akan di tolak oleh Allah SWT 
Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang berbunyi:
مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
Artinya:
“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)
 
 
Kedua
Hidupnya diliputi kesempitan
 
Adapun ancaman kedua bagi orang-orang yang enggan bersedekah Allah akan menjadikan hidupnya diliputi kesempitan meskipun dalam kelapangan.
Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA Rasulullah bersabda yang artinya:
 
"Perumpamaan orang bakhil dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang masing-masing mengenakan baju jubah terbuat dari besi yang hanya menutupi dada hingga tulang selangkang keduanya.
Adapun orang yang suka berinfak, tidaklah dia berinfak melainkan bajunya akan melanggar atau menjauh dari kulitnya hingga akhirnya menutupi seluruh badannya sampai kepada ujung kakinya. Sedangkan orang yang bakhil, setiap kali dia tidak mau berinfak dengan suatu apa pun maka baju besinya akan menyempit sehingga menempel ketat pada setiap kulitnya dan ketika dia mencoba untuk melonggarkannya maka dia tidak dapat melonggarkannya." (HR Bukhari).
 
 
Ketiga:
Mendapatkan Siksa Neraka
 
Sedekah dikatagorikan dua bagian yaitu sedekah wajib dan sedekah sunnah.
Adapun yang di maksud sedekah wajib yaitu berupa Zakat sedangkan sedekah Sunnah berupa sedekah memberikan sesuatu orang lain yang tidak di tentukan waktunya bisa dilakukan setiap saat
Namun ketika orang-orang enggan bersedekah tentunya akan mendapatkan siksaan api Neraka 
Dalam sebuah Hadits riwayat Muslim Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
 
"Siapa yang mempunyai emas dan perak, tetapi dia tidak membayar zakatnya, maka di hari kiamat akan dibuatkan untuknya setrika api yang dinyalakan di dalam neraka, lalu disetrikakan ke perut, dahi, dan punggungnya. Setiap setrika itu dingin, maka akan dipanaskan kembali lalu diseterikakan pula padanya setiap hari -sehari setara lima puluh tahun (di dunia) hingga perkaranya diputuskan. Setelah itu, barulah ia melihat jalan keluar, ada kalanya ke surga dan adakalanya ke neraka." (HR Muslim).
 
Akan tetapi ketika kita rajin bersedekah maka dapat menghindarkan kita dari azab api Neraka serta dapat menghapus dosa-dosa kita maka teruslah bersedekah agar kita terhindar dari jilatan api Neraka.
 
Keempat:
Hidupnya dicengkeram berbagai musibah dan fitnah
 
Ancaman ke empat bagi orang-orang yang enggan bersedekah yaitu hidupnya senantiasa dihadapkan dengan berbagai musibah dan fitnah sehingga hidupnya tidak merasakan kenyamanan.
Dalam sebuah Hadist dari Anas Bin Malik menjelaskan yang artinya:
 
"Sesungguhnya Jibril berkata kepada Ya'kub yang ia sampaikan dari Allah, 'Tahukah engkau kenapa aku hilangkan penglihatanmu, aku buat punggungmu bungkuk, dan saudara-saudara Yusuf melakukan apa-apa yang telah mereka lakukan kepadanya? Sebab, dahulu kalian pernah menyembelih seekor kambing, lalu ada seorang miskin yatim sedang berpuasa, namun kalian tidak mau memberikan makan sedikit pun." (HR A-Hakim).
 
 
Kelima:
Allah menyempitkan rezekinya
 
Selanjutnya bagi orang yang enggan bersedekah Allah SWT akan menyempitkan rizkinya.
Suatu ketika Asma' pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dalam sebuah Hadits Bukhari) artinya:
 
"Wahai Rasulullah, aku tidak mempunyai harta selain yang diberikan Zubair kepadaku, apakah aku boleh mensedekahkannya?" Beliau bersabda, "Bersedekahlah dan janganlah engkau terlalu menghitung-hitungnya (bakhil), sehingga Allah juga akan menghitung-hitungnya terhadapmu (mepersempit rezekimu)." (HR Bukhari).
 
Itulah ancaman bagi orang-orang yang tidak mau menyedekahkan sebagian harta nya padahal ia mampu dan berkecukupan, jika ia bersedekah maka Allah akan melipatgandakan hartanya baik di dunia maupun akhirat. Mudah-mudahan kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan dibukakan pintu hati agar senantiasa mudah bersedekah. (djl) 

Sumber: