Sempat Mahal, Jagung di Seluma Sudah Kembali Stabil

Sempat Mahal, Jagung di Seluma Sudah Kembali Stabil

Kadis Pertanian Seluma Arian Sosial--

PASAR TAIS, Radar Seluma,disway,id - Jagung yang sebelumnya sempat langka dan harganya mahal di Kabupaten Seluma sekarang sudah mulai stabil. Di tingkat petani sekarang harganya Rp5.000 per Kilogram. Dan di tingkat tengkulak Rp6.000 sampai dengan Rp6.500 per Kilogram. Menurunnya harga Jagung ini dipengaruhi petani sedang memasuki masa panen. Selain itu juga menurunnya harga ini akibat di Provinsi Lampung Jagung juga sedang melimpah.

 

"Untuk jagung saat ini sudah mulai mengalami penurunan karena sudah masa panen. Namun jagung yang sudah panen sekarang adalah jagung yang benih dari pemerintah," kata Irawan salah satu petani jagung, kemarin.

 

Kabupaten Seluma sebelumnya sudah ada penangkaran benih jagung hibrida di Kelurahan Rimbo Kedui. Bahkan belum lama ini di tengah kelangkaan jagung di Kabupaten Seluma. Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Kementrian Pertanian, Yudi Sastro mendatangi Kabupaten Seluma untuk meninjau lokasi penangkaran benih ini. 

BACA JUGA:5000 KIA Terbit, Target Dukcapil 2024 Ini

BACA JUGA:Idle Game Unduh di Playstore, Pengguna Higgs Domino Island Banyak Pindah ke Idle Game!

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial mengatakan bahwa saat ini sebanyak 12 orang petani di Dusun Perkembangan sudah membudidayakan benih jagung ini. Dengan luasan sekitar 10 hektar. Benih jagung hibrida tersebut nantinya akan diberikan kepada masyarakat. 

 

"Direktur Perbenihan Tanaman Pangan pak Yudi Sastro meninjau langsung penangkaran benih jagung hibrida di Dusun Perkembangan. Diharapkan nantinya Seluma ini bisa menjadi daerah penghasil benih jagung hibrida terbesar di Provinsi Bengkulu," tegas Arian Sosial.

 

Lebih lanjut, Arian Sosial mengatakan untuk panen tahap pertama ini diperkirakan sekitar 5 ton dari luas lahan yang ditanami bibit seluas 10 hektar. "Untuk panen tahap pertama ini kami perkirakan sekitar 10 hektar," tegasnya. 

BACA JUGA:Higgs Domino Island Versi 2.24 APK Ada Tombol Kirim , Download di Playstore

BACA JUGA:KUR Mandiri 2024 Usaha UMKM Bunga Super Rendah Proses Pengajuan Bisa Melalui Online Isi Formulir Aplikasi

Sumber: