Mitsubishi Pajero Sport CKD Completly Knock Down dan, CBU Completely Built Up punya Perbedaan Part ini!

Mitsubishi Pajero Sport CKD Completly Knock Down dan, CBU Completely Built Up punya Perbedaan Part ini!

Keren Pajero Sport Super Canggih--

 

 

 

OTOMOTIF, Radar Seluma, Disway. Id - Mitsubishi Pajero Sport, sebuah SUV tangguh yang populer, seringkali tersedia dalam dua jenis: CKD (Completely Knock Down) dan CBU (Completely Built Up). Meskipun keduanya merupakan versi dari mobil yang sama, ada perbedaan signifikan antara keduanya yang perlu dipahami oleh calon pembeli. 

 

Mobil CKD diproduksi di pabrik lokal dengan menggunakan sebagian besar suku cadang yang diimpor dari negara asalnya. Biasanya, beberapa bagian mobil diimpor dalam bentuk terpisah dan kemudian dirakit di fasilitas lokal. Ini menghasilkan kerja sama antara produsen mobil dan produsen lokal, serta membantu menciptakan lapangan kerja di dalam negeri.

 

Sebaliknya, mobil CBU diproduksi sepenuhnya di luar negeri dan diimpor ke negara tujuan dalam kondisi siap pakai. Semua komponen mobil sudah dirakit di pabrik asal dan dikirim dalam bentuk mobil lengkap. Proses ini membutuhkan lebih sedikit interaksi dengan produsen lokal dan seringkali menghadapi pajak impor dan biaya pengiriman internasional yang lebih tinggi.

 

 

 

Mobil CKD seringkali lebih mudah dalam hal regulasi impor karena sebagian besar komponen sudah ada di dalam negeri. Ini dapat mengurangi biaya dan kerumitan proses impor, serta mempercepat ketersediaan mobil di pasar lokal.

 

Di sisi lain, mobil CBU kadang-kadang memiliki biaya lebih tinggi karena pajak impor yang dikenakan pada mobil lengkap. Hal ini dapat membuatnya lebih mahal untuk membeli dan memelihara mobil CBU, terutama jika terdapat kebijakan perlindungan industri yang memberikan insentif untuk mobil CKD.

Sumber: ketersediaan mobil ckd