176 Orang Calon Jemaah Haji di Seluma Berhak Lunasi BPIH

176 Orang Calon Jemaah Haji di Seluma Berhak Lunasi BPIH

Kepala Kemenag Seluma H Heriansyah, 176 Calon Jemaah Haji Memenuhi Syarat Istitha'ah--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma,disway,id - Sebanyak 176 orang calon jemaah haji 2024 asal Kabupaten Seluma hasil tes kesehatannya sudah keluar dan sudah memenuhi syarat istitha'ah untuk melunasi biaya haji

Seperti yang diketahui Kementerian Agama mengumumkan pelunasan biaya haji / Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1445 H/2024 M mulai 10 Januari 2024. Pelunasan biaya haji ini akan berlangsung hingga 12 Februari 2024.

Sebelum melunasi biaya haji / Bipih, jemaah harus memenuhi syarat istitha'ah kesehatan. 

"Sebanyak 176 calon jemaah haji sudah melakukan pemeriksaan dan hasilnya dinyatakan memenuhi syarat istitha'ah kesehatan. Mereka sudah berhak melakukan pelunasan," kata Kepala Kemenag Seluma H Heriansyah, kemarin (31/1).

BACA JUGA:Toyota Memperluas Varian SUV Fortuner GR Sport dengan Sistem Penggeerak 4x4 Fitur Canggih Spesifikasi Resmi

BACA JUGA:Toyota Fortuner 2024 Mobil 4x4 Berjenis Sport Utility Vehicle SUV Dampak Inovatif dengan Desain Tough And Bold

Jemaah haji 2024 yang sudah memenuhi syarat istitha'ah kesehatan dapat melunasi biaya haji Bipih. "Dari total calon jemaah haji kita masih menunggu hasil istitha'ah delapan orang lagi yang sekarang sedang dalam proses," sambungnya.

Istitha'ah kesehatan jemaah Haji adalah kemampuan Jemaah Haji dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan yang dapat dipertanggungjawabkan. Istititha'ah kesehatan haji 2024 adalah syarat penting untuk pelunasan haji karena menyangkut keselamatan calon jemaah haji.

Pemeriksaan istitha'ah kesehatan haji 2024 diatur melalui Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) No. HK.01.07-MENKES-2118-2023 tentang Standar Teknis Pemeriksaan Kesehatan Penetapan Status istita'ah Kesehatan Jemaah Haji.

Hasil pemeriksaan kesehatan jamaah haji akan dilakukan analisis dan kemudian keluar penetapan status istita'ah kesehatan jemaah haji 2024. 

BACA JUGA:Masih Primadona Fortuner Sport 2.8 Tahun 2022 Kini di Jual dengan Harga Murah Dapat di Showroom Mobil Seken

Ada 170 orang jemaah calon haji dan 17 jemaah calon haji cadangan yang sudah tes kesehatan dilaksanakan di empat fasilitas pelayanan kesehatan yaitu di Puskesmas Cahaya Negeri, Puskesmas Dermayu, Puskesmas Tais, dan Puskesmas Masmambang.(adt)

 

Sumber: