Tahun 2024, Serangan Cyber Risiko Bisnis Terbesar, Secara Global dan di Asia

 Tahun 2024, Serangan Cyber Risiko Bisnis Terbesar, Secara Global dan di Asia

Allianz mengasuransikan bisnis skala menengah, perusahaan besar, dan spesialis risiko--

 

SINGAPURA - Radar Seluma.Disway.Id,  - Insiden dunia maya seperti serangan ransomware, pelanggaran data, dan gangguan TI adalah kekhawatiran terbesar bagi perusahaan secara global pada tahun 2024, menurut Allianz Risk Barometer . Bahaya gangguan Bisnis yang saling terkait erat menempati urutan kedua. Bencana alam (naik dari #6 ke #3 tahun ke tahun), Kebakaran, ledakan (naik dari #9 ke #6), dan Risiko politik serta kekerasan (naik dari #10 ke #8) merupakan peningkatan terbesar di dunia. kompilasi terbaru mengenai risiko-risiko bisnis global teratas, berdasarkan wawasan lebih dari 3.000 profesional manajemen risiko.

 

BACA JUGA:Mitsubishi Pajero Sport 2024 Mengaspal Bulan Depan Tampil Lebih Keren Saingan SUV Fortuner GR Sport Terbaru

BACA JUGA:Bupati Bengkulu Selatan Intruksikan OPD, Segera Realisasi Belanja Kegiatan

 

Di Asia, tiga risiko terbesar adalah insiden siber (naik dari #2 ke #1), Gangguan Bisnis (turun dari #1 ke #2) dan Bencana Alam (tetap di #3). Kekhawatiran utama perusahaan lainnya adalah kebakaran, ledakan (naik dari #8 ke #4) dan perubahan iklim (tetap di #5).

 

CEO Allianz Commercial Petros Papanikolaou mengomentari temuan ini: "Risiko-risiko utama dan peningkatan terbesar dalam Allianz Risk Barometer tahun ini mencerminkan permasalahan-permasalahan besar yang dihadapi perusahaan-perusahaan di seluruh dunia saat ini – digitalisasi, perubahan iklim, dan lingkungan geopolitik yang tidak menentu. Banyak dari risiko-risiko ini adalah cuaca ekstrem, serangan ransomware, dan konflik regional diperkirakan akan menguji ketahanan rantai pasokan dan model bisnis lebih lanjut pada tahun 2024. Pialang dan pelanggan perusahaan asuransi harus sadar dan menyesuaikan perlindungan asuransi mereka.”

 

Perusahaan-perusahaan besar, menengah, dan kecil memiliki kekhawatiran yang sama terhadap risiko – mereka semua khawatir terhadap dunia maya, gangguan bisnis, dan bencana alam. Namun, kesenjangan ketahanan antara perusahaan besar dan kecil semakin melebar, karena kesadaran risiko di antara organisasi-organisasi besar telah meningkat sejak pandemi ini dengan adanya dorongan penting untuk meningkatkan ketahanan, demikian catatan laporan tersebut. Sebaliknya, usaha kecil sering kali kekurangan waktu dan sumber daya untuk mengidentifikasi dan mempersiapkan diri secara efektif menghadapi skenario risiko yang lebih luas dan, sebagai akibatnya, memerlukan waktu lebih lama untuk memulihkan dan menjalankan bisnisnya setelah terjadi insiden yang tidak terduga.

 

Christian Sandric, Regional Managing Director, Allianz Commercial Asia, mengatakan, “Insiden dunia maya, gangguan bisnis, dan bencana alam masih menjadi risiko paling signifikan bagi perusahaan-perusahaan di Asia, baik itu perusahaan besar, skala menengah, atau bisnis kecil. lingkungan bisnis global yang semakin bergejolak, dan hal ini menegaskan kembali pentingnya budaya manajemen risiko yang kuat, serta langkah-langkah respons yang kuat dan solusi asuransi.Sebagai contoh, perusahaan semakin menjajaki kebijakan multinasional yang memfasilitasi respons cepat terhadap insiden dan dapat membantu meminimalkan kerugian dan kerusakan , dan solusi transfer risiko alternatif untuk menutupi risiko yang sulit diasuransikan di pasar konvensional.”

 

Sumber: